Pemkab dan Disbudpar Lebak Hadiri Festival Budaya Ruwat Bumi di Citorek

oleh

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hadir bersama dengan Kasepuhan Wewengkon melaksanakan Festival Budaya Ruwat Bumi Wewengkon Citorek Tahun 2021 yang dilaksanakan tanggal 12-14 November 2021 di lapangan Parkir Gunung luhur, Citorek, Kabupatem Lebak, Provinsi Banten, Jumat malam 12 November 2021.

Kasepuhan Wewengkon Citorek, Aki Omok dalam sambutannya menjelaskan, bahwa acara Ruwat Bumi merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil bumi dan rasa terimakasih kepada para Ieluhur atas perjuangannya menjaga alam guna kebahagiaan para penerusnya.

Baca Juga  Setelah Viral Akhirnya Ada Sikap Tegas dari Kasad: Siswa Dikmata Keturunan Myanmar Segera Dilantik Jadi Prajurit

“Ini adalah bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT juga rasa terimakasih kita kepada leluhur yang telah perjuang menjaga alam dan kita sebagai penerusnya wajib menjaga serta melestarikan warisan leluhur kita,” kata Aki Omok.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, kegiatan Festival Ruwat Bumi yang pertama kali dilaksanakan selain ungkapan rasa syukur juga sebagai ajang promosi destinasi wisata Negeri Diatas Awan, Gunung Luhur.

Baca Juga  Kadin Provinsi Banten Salurkan Bantuan Kepada Warga Terdampak Gempa di Lebak

Lanjutnya, dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Gunung Luhur sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Citorek, selain itu kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian hari jadi Kabupaten Lebak ke-193 Tahun.

“Semoga dengan usaha dan ikhtiar yang kita lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Lebak selalu mendapat ridho-Nya. Aamiin,” kata Imam di sela-sela acara.(*/cr1)