Pemkab Pandeglang Luncurkan Program Beasiswa Pro Kampus

oleh
Poto bersama Bupati Pandeglang, Irna Narulita Dimyati bersama penggiat Perguruan Tinggi dan Pejabat Dindikpora Pandeglang (Atas). Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati dengan Sekdis Dikpora Pandeglang, Sutoto (Bawah). Istimewa

FAJARBANTEN.CO.ID – Dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mengenyam pendidikan tinggi setingkat strata satu (S2). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang luncurkan program di tahun 2023 ini.

Program Beasiswa Pro Kampus yang diluncurkan pada tahun 2023 ini, sesuai memadai, Pandeglang. Berupa bantuan hibah pada yang ada di Kabupaten Pandeglang, dan difokuskan untuk membantu pembiayaan yang sedang menempuh pendidikan di tingkat akhir.

“Bantuan ini sifatnya hibah, guna membantu para mahasiswa yang rentan putus study, atau sedang mahasiswa yang sedang melakukan penelitian di tingkat akhir,” ungkap Bupati Pandeglang, Irna Narulita Dimyati, Rabu 1 Februari 2023.

Baca Juga  Dalam Kegiatan Panen Raya, Kementan Apresiasi Hasil Produksi Padi Dari Pandeglang

Dalam acara penyerahan bantuan hibah Beasiswa Pro Kampus pada Perguruan Tinggi di Pandeglang, yang diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Pandeglang, Irna Narulita Dimyati, pada Rabu 1 Februari 2023, di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Irna menjelaskan, bila program Beasiswa Pro Kampus tersebut, akan dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudaan Pandeglang.

“Kami ingin Kualitas pendidikan di Pandegalang terus meningkat. Program ini salah satu upaya kami dibidang pendidikan,” ucapnya.

Baca Juga  Prof. Dr. Ir. Kartina AM., MP Guru Besar wanita pertama Untirta dan Guru Besar pertama Fakultas Pertanian Untirta

Sementara itu, Ketua Sekolah Tinggi Keguruan llmu Pendidikan (STKIP) Syech Mansyur, Salman Sunardi mengapresiasi program Beasiswa Pro Kampus yang diluncurkan oleh Pemkab Pandeglang tersebut. Bahkan dirinya menilai, apa yang dicanangkan oleh Bupati Pandeglang itu, akan menjadi salah satu motivasi bagi para mahasiswa di Pandeglang.

“Ini bertahap, baru beberapa orang. lnsya Allah akan dimanfatkan oleh kami untuk mahasiswa yang perlu bantuan, khususnya yang ada di semester akhir,” jelas Salman.

Ketua STKIP Syech Mansyur ini pun berharap, program tersebut bisa berjalan secara berkesinambungan. Sebab menurutnya, setiap tahun banyak mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan kandukungan pembiayaan.

Baca Juga  Bersama Masyarakat, FPTK Kembali Lanjutkan PTPB Terumbu Karang di Badul

“Semoga ini berlanjut dan berkesinambungan, karena kita tahu, setiap tahunnya banyak mahasiswa yang butuh pembiayaan pada akhir-akhir semester,” tambahnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pandeglang, Sutoto mengatakan, bahwa Beasiswa Pro Kampus kali ini, merupakan program di tahun pertama, dan bantuannya bersipat hibah, untuk membantu mahasiswa yang rentan putus study.

“Ini akan berlanjut setiap tahun hingga 2026. Masing-masing perguruan tinggi mendapatkan 10-20 juta,” pungkasnya. (*)