Penuh Khidmat,Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang peristiwa perongrongan Pancasila oleh kaum komunis dalam peristiwa G30S/PKI. Pada masa itu, kaum komunis berusaha untuk mengubah pancasila menjadi ideologi komunis. Sejak saat itu, 1 Oktober pun ditetapkan sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti oleh petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan dengan penuh khidmat. Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini, mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Senin(02/10/2023)

“Indonesia adalah Negara yang dikenal dengan kekayaan keberagamannya baik itu agama, ras, suku, serta adat istiadat. Hal inilah yang membuat Pancasila bisa menjadi ideologi yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui nilai yang tercantum dalam Pancasila,” ujar Rio M Sitorus Plt Kalapas Pemuda Tangerang yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly, pada acara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023.

Baca Juga  Terkait Kenaikan Inflasi, DPRD Kota Serang: Pemkot Serang Jangan Terlena!

Ditemui di sela-sela kegiatan, Rio M Sitorus menambahkan,bahwa seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan yang berada di Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dapat menerapkan nilai-nilai pancasila selama menjalani hukuman.

“Ya,para warga binaan bisa memulai dari sini (Lapas) untuk dapat dapat menerapkan nilai-nilai pancasila selama menjalani hukuman. Apalagi yang berada di lapas pemuda ini kan beragam ya mulai dari suku,agama bahkan latar belakang pendidikan mereka (WBP),” tambah Rio M Sitorus.(***)