Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadiri Peringatan HUT ke-78 TNI

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menghadiri Upacara dan Parade Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2023. Upacara dilaksanakan di Alun-alun Kota Cilegon, Kamis, (05/10/2023).

Pada kesempatan ini Al Muktabar mengucapkan Selamat HUT TNI ke-78. Sebagai pengabdian panjang kepada bangsa dan negara, Al Muktabar berharap TNI mampu mengoptimalkan perannya dalam menjaga keutuhan NKRI.

“TNI harus terus melakukan pengawalan berdasarkan agenda nasional. Dirgahayu TNI ke-78,” ungkap Al Muktabar

Ia juga menyampaikan sesuai tema HUT TNI tahun ini, TNI yang Profesional menjadi Kebanggaan Rakyat Indonesia salah satunya dengan terus mengawal demokrasi.

Baca Juga  FGD Akhir Tahun Kompolnas: Papua Perlu Pendekatan Khusus Dalam Harkamtibmas

“Pada dasarnya, TNI selalu siap mengawal demokrasi Indonesia yang berasaskan Pancasila, agar slogan TNI bersama rakyat benar-benar dirasakan,” jelasnya.

Al Muktabar menambahkan, merupakan satu kebanggaan bagi rakyat Indonesia khususnya Provinsi Banten memiliki tentara yang tangguh dan selalu melindungi. Apresiasi tentu diberikan Al Muktabar kepada para anggota TNI.

“Karena itu kita memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya atas segala dedikasi TNI kepada kita,” ungkapnya.

Dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI ini, Komando Resort Militer (Danrem) 064/Maulana Yusuf, Brigadir Jenderal TNI Tatang Subarna bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca Juga  Hasil Survei Ipsos Indikasikan Prabowo Gibran Menang Pilpres Sekali Putaran

Sesuai dengan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan oleh Tatang, menyatakan bahwa HUT TNI ke-78 ini mengusung tema “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

“Menuju 2024 ini, TNI yang merupakan komponen utama dari pertahanan negara serta komponen bangsa terus mengawal dalam mewujudkan Indonesia berdaulat, maju, mandiri, dan sejahtera,” ungkapnya.

“Pengawalan kita lakukan agar sarana demokrasi lima tahunan di Indonesia itu berjalan aman dan lancar,” lanjutnya.

Selain itu, berdasarkan hasil survei dari beberapa lembaga survei Indonesia. Dimana, mendapatkan hasil bahwa TNI mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi baik di luar dan di dalam negeri. Hal tersebut, menjadikan TNI terus meningkatkan dedikasi, loyalitas dan profesional yang telah ditunjukan selama ini.

Baca Juga  Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air, Danramil 0819/10 Pasuruan Sosialisasikan Kesadaran Bela Negara Kepada Warga Binaan

“Dengan begitu, TNI tidak boleh terlena dengan tantangan yang dihadapi. Demi mewujudkan TNI yang profesional yang tangguh dan modern,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini juga, sebagai upaya dalam melestarikan budaya dan peduli sesama. Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar beserta tamu undangan lainnya ikut serta dalam pertunjukan pencak silat dan penyaluran sembako yang diberikan kepada para veteran TNI dan masyarakat sekitar.(**)