Naik Kelas, Pelaku UMKM Cimahi Dilatih Keterampilan Digital Marketing oleh Telkom University

oleh

Fajarbanten.co.id— Tim dosen digital PR Telkom University bersama tim dosen Politeknik Negeri Padang melatih pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) kemampuan melakukan pemasaran digital (digital marketing), Kamis 20 Oktober 2022.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan Perindustrian Kota Cimahi Dadan Darmawan berlangsung di Cimahi Techno Park.

Kegiatan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat ini diisi  pemaparan materi pertama oleh Dr. Martha Tri Lestari S.Sos.,MM yang membahas tentang “Teknik Public Speaking Bagi Wirausaha Baru UMKM Kota Cimahi” 

Baca Juga  Ingin Beasiswa Full Sarjana dari Pemkot Cilegon, Ini Syarat dan Tata Caranya

Menurutnya, tujuan public speaking adalah dimana pesan diterima oleh publik. Sehingga diperlukan sikap percaya diri, kenyamanan dan mampu menguasai materi (materi dan audience). 

“Ciptakan suasana yang hangat. Batasan itu ada, namun jangan sampai hilangnya hubungan dengan audience. Dengan begitu kita harus percaya diri untuk mampu membuat audiens atau pembeli kita percaya bila produk kita paling oke,” ungkap Martha

Afifah M.Si menjadi pemateri ke-2 pada kegiatan ini dengan judul “Marketing Conventional vs Marketing Digital”. Masuk pada bahasan Digital Marketing, pada materi kedua disebut bahwa terdapat 3 fenomena konsumen saat ini yaitu dekat dengan teknologi, berkumpul dan selalu update. 

Baca Juga  Universitas Faletehan Gelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa

“Setiap produk bakal berbeda target pasarnya, sehingga sesuaikan media pedekatannya,” katanya.

Selaras dengan materi sebelumnya, materi Teknik Membuat Iklan dan Membuat Narasi Produk materi ketiga yang disampaikan oleh Fitri Adona M.Si. 

Dalam memproduksi iklan, kata Fitri, sangat penting memperhatikan isi konten dan penulisannya. Fitri memaparkan bahwa netizen saat ini tertarik pada hal baru selama 8 detik awal. Terlebih bilamana pesan dikemas dengan emosional yang selaras dengan produk jual kita. 

Baca Juga  Universitas Faletehan Gelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa

Tak hanya memaparkan materi, pada kegiatan ini tim dosen melakukan praktik atau simulasi dengan para pelaku usaha dalam menggunakan tools dari media digital seperti website, media social dan editing konten yang dipandu oleh Dr. Yuhefizar S.Kom.,M.Kom. 

Pendampingan Digital Marketing ini diharap mampu menjadi modal dalam beradaptasi dan mengembangkan usahanya. UMKM Bangkit, Indonesia Maju! (*)