Gandeng PWI Kabupaten Tangerang, YPKKT Gelar Pelatihan Barista Kopi

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID — Yayasan Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang menggelar pelatihan barista kopi untuk pemula, Minggu, 24 Maret 2024.

Pelatihan tersebut berlangsung di aula gedung PWI Kabupaten Tangerang dengan peserta didominasi kaum milenjal dan generasi Z.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sri Mulyo mengatakan, pelatihan ini sejalan dengan program kerja organisasi awak media tersebut, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Life skill sangat penting di era ini, terlebih keterampilan yang bisa menjadi salah satu andalan untuk bisa survive dan menciptakan lapangan kerja,” ungkapnya.

Baca Juga  Napi Lapas Kelas I Palembang Laksanakan Sholat Berjamaah

Mulyo pun menyambut baik kolaborasi dengan YPKKT tersebut, karena di PWI Kabupaten Tangerang, selain anggota yaitu wartawan aktif, juga ada organisasi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang anggotanya istri dari para anggota PWI Kabupaten Tangerang.

“Saya berharap pelatihan ini bisa membekali anggota IKWI agar memiliki keterampilan yang dapat dipraktikan, lebih utama bisa membuka usaha untuk menopang penghasilan keluarga,” katanya.

Sementara peserta lainnya yaitu kaum milenial dan generasi Z dari pelajar SMKN 5 Kabupaten Tangerang. Kehadiran pelajar dari SMK dalam pelatihan tersebut, lanjut Mulyo, diharapkan memberikan keterampilan tambahan selain yang telah didapatkan di bangku sekolah.

Baca Juga  Perumdam Tirta Berkah Terus Pasok Air Bersih ke Wilayah Kekeringan

Sementara Anggota Komisi VI DPR RI Ananta Wahana mengatakan, melalui pelatihan ini muncul enterpreneur-enterpeneur dari keluarga PWI maupun dari generasi milenial dan Z.

“Karena pangsa pasar kopi ini sangat besar di Indonesia. 80 sampai 85 persen warga Indonesia penikmat kopi, dan Indonesia juga nomor tiga di dunia sebagai negara penghasil kopi,” ungkapnya.

Anggota DPR RI Dapil Banten III tersebut berharap, melalui pelatihan seperti ini, selain meningkatkan wawasan keluarga anggota PWI dan generasi muda, juga menambah keterampilan baru. Sehingga, peluang menciptakan lapangan kerja baru semakin terbuka.

Baca Juga  Buah Durian Asal Baduy Diminati Wisatawan

“Kami sangat bersyukur bisa memfasilitasi kegiatan ini, semoga ke depan kami bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan life skill lainnya bersama PWI Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut terselenggara berkat dukungan dari BUMN, utamanya PT Telkom Indonesia.

Pada sesi pelatihan yang dipandu praktisi profesional, tampak para peserta antusias menyimak pemaparan seputar kopi dan barista. Selain itu, peserta juga mendapatkan kesempatan berpraktik menggunakan berbagai peralatan kekinian. (Tim)