Kajian Mendalam: Dampak Perubahan Iklim Terhadap Harga Pangan di Indonesia

oleh

fajarbanten.co.id – Perubahan iklim telah menjadi topik yang mendapat perhatian global, dan Indonesia tidak terkecuali dari dampaknya, terutama terhadap harga pangan. Dalam analisis ini, kita akan mengeksplorasi bagaimana perubahan iklim memengaruhi kenaikan harga pangan di Indonesia:

 Konteks Perubahan Iklim dan Konsekuensinya

Perubahan iklim, yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil dan deforestasi, telah mengakibatkan kenaikan suhu global dan perubahan pola cuaca. Dampaknya termasuk meningkatnya suhu ekstrem, perubahan pola hujan, dan peningkatan frekuensi bencana alam.

 Tiga Tantangan Utama Akibat Perubahan Iklim

  1. Suhu Ekstrem: Perubahan iklim mengakibatkan suhu yang tidak stabil, yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan mengurangi hasil panen.
  2. Kelangkaan Air: Pola curah hujan yang tidak teratur menyebabkan kekeringan dan meningkatkan risiko konflik atas sumber daya air.
  3. Kekurangan Pangan: Gangguan pada produksi pertanian menyebabkan penurunan pasokan pangan dan meningkatkan harga pangan.
Baca Juga  Fraksi PAN Dukung kedekatan Jenderal Dudung dengan Umat Islam dan Sowan ke Ulama

 

 Analisis Kenaikan Harga Pangan

  1. Kenaikan Harga Komoditas: Harga beberapa komoditas pangan, terutama beras, mengalami kenaikan yang signifikan, memberikan tekanan ekonomi pada masyarakat.
  2. Inflasi dan Daya Beli: Kenaikan harga pangan dapat menyebabkan inflasi dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah.
  3. Peredaran Uang dan Harga: Penambahan peredaran uang dapat meningkatkan permintaan pangan dan mendorong kenaikan harga.
  4. Surplus Pupuk dan Produksi: Meskipun ada surplus produksi pupuk, penurunan produksi beras mengakibatkan ketidakstabilan harga dan ketersediaan pangan.
Baca Juga  Upaya Peningkatan Kesehatan, Rutan Bangil Uji Kualitas Air Dengan Puskesmas Beji

 

Dampak El Nino dan Produksi Beras

  1. Penurunan Produksi: Fenomena El Nino menyebabkan penurunan produksi beras, yang berdampak pada harga dan ketersediaan pangan.
  2. Potensi Panen: Meskipun ada potensi peningkatan produksi beras pada beberapa periode, potensi gagal panen tetap menjadi ancaman akibat cuaca yang tidak stabil.

 

Kesimpulan dan Rekomendasi

Dampak perubahan iklim terhadap harga pangan di Indonesia sangat nyata dan memerlukan tindakan yang serius. Peningkatan kesadaran akan pentingnya mitigasi perubahan iklim, pengembangan pertanian yang berkelanjutan, dan kebijakan yang mendukung ketahanan pangan menjadi kunci dalam mengatasi tantangan ini. Diperlukan juga upaya kolaboratif antar sektor untuk mengurangi risiko dan membangun ketahanan pangan yang kuat di masa depan.

Baca Juga  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Hadiri Peringatan HUT ke-78 TNI

Baca artikel lebih lengkap disini https://oasedata.com/statistic/analisa-dampak-kenaikan-harga-pangan