Danrem 064/MY Bersama Forkopimda dan Perwakilan Parpol Hadiri Vicon Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang Dipimpin KSAD

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE., M.Si memimpin video conference (vicon) deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) Damai tahun 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Adapun KSAD memimpin kegiatan vicon tersebut di Gedung KH Irfan Hielmy, Komplek Islamic Center Ciamis, Jawa Barat pada Senin (6/11). Sementara di wilayah teritorial Korem 064/Maulana Yusuf, kegiatan dilaksanakan di wilayah Kodim 0602/Serang, Kodim 0603/Lebak, Kodim 0601/Pandeglang dan Kodim 0623/Cilegon.

Dalam kesempatannya, Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas Deklarasi Pemilu Damai 2024 yang dilaksanakan.

Ia menyebut, tidak dipungkiri menjelang Pemilu 2024 dari pengalaman Pemilu sebelum-sebelumnya dibayang-bayangi kekhawatiran akan terjadinya polarisasi di tengah-tengah masyarakat akibat fanatisme yang berlebihan dari para pendukung Capres, Caleg dan Calon Kepala Daerah.

Baca Juga  HUT Kodim 0623/Cilegon ke 36 Tahun : Untuk Bisa Berbuat Lebih Baik Lagi Untuk Masyarakat

“Kondisi tersebut secara langsung berpotensi memicu konflik antar golongan yang mengarah pada disintegrasi bangsa. Hal itu tentunya tidak kita harapkan dan harus kita jaga bersama pada pesta demokrasi kali ini,” katanya.

KSAD menuturkan melalui deklarasi Pemilu damai ini diharapkan seluruh komponen masyarakat terutama di Jawa Barat dan Banten siap melaksanakan Pemilu 2024 yang damai dan sejuk untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

“Ingat beda pilihan politik itu biasa tetapi harus tetap bersatu dalam wadah NKRI. Mari bersama-sama mematuhi dan menaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku serta menyelesaikan permasalahan Pemilu yang mungkin timbul sesuai dengan koridor hukum yang berlaku,” jelasnya.

Baca Juga  Saat Presiden Jokowi Kunjungi Pusat Perbelanjaan di Banyumas Bersama Para Menteri

Ia lantas meminta masyarakat untuk bersama-sama meminimalisir dan mencegah upaya yang memecah belah masyarakat, menghindari kegiatan provokatif dan ujaran kebencian.

“Mari seluruh komponen masyarakat kita bahu membahu untuk turut serta dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif,” harap Jenderal TNI Agus.

Lebih lanjut, KSAD memastikan komitmen yang tinggi TNI AD dalam menjaga netralitas menghadapi tahun politik sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI dan UU Nomor 7 tahun 2017.

“Saya berpesan marilah kita teruskan sinergi yang telah berjalan baik ini untuk terus mendorong kondusifitas bangsa demi meningkatkan kesatuan dan persatuan NKRI yang kita cintai dan banggakan ini,” jelasnya.

Baca Juga  Olahan Sagu Ala Satgas Yonif 310/KK, Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Sementara itu, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna menjelaskan pihaknya siap menyukseskan dan menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

“Insya Allah kami siap menyukseskan jalannya pesta demokrasi agar berjalan aman, damai dan lancar serta menjaga netralitas TNI. Dari Banten untuk Indonesia,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kasrem 064/MY Kolonel Inf Nurkhan, Para Kasi Kasrem, para Dandim jajaran Korem 064/MY, unsur Forkopimda, Komisioner KPU dan Bawaslu serta para perwakilan partai politik peserta Pemilu 2024.*