Dandim 0601/Pandeglang Buka secara Langsung RAT Primkop Kartika Sejahtera

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Primkop Kartika Sejahtera Kodim 0601/Pandeglang menyelenggarakan acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup buku tahun 2023 dengan tema ” Kita Tingkatkan Kebersamaan Inovasi Bisnis dan Soliditas Jaringan Menuju Koperasi Angkatan Darat yang Berkualitas”. Acara ini dibuka secara langsung oleh Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Inf Suryanto, S.A.P., Rabu (07/02/24)

Dalam sambutannya Dandim mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus Koperasi Kartika sejahtera Kodim 0601/Pandeglang yang telah menyelenggarakan Rapat Anggota Tahun tutup buku tahun 2023. Selain itu Dandim juga menyampaikan bahwa rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi sebuah Koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan.

“Rapat Anggota Tahunan merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi ini momen yang sangat penting bagi Koperasi kita, untuk mengevaluasi kinerja kita selama tahun 2023, serta menetapkan arah dan strategi untuk tahun yang akan datang agar koprasi kita menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya, “ucapnya.

Baca Juga  SMAN 1 Cijaku Gelar Syukuran Hari Jadi Ke-16

Lebih lanjut disampaikan dalam rangka meningkatkan kualitas organisasi diharapkan unsur badan usaha koperasi seperti pengurus dan pengawas, dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya masing-masing, misalnya pemeriksaan atas pengelolaan koperasi dapat berjalan secara teratur dan sesuai peraturan – perundangan yang berlaku, juga sesuai dengan AD/ART koperasi.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan koperasi H. Dindin Herdiansah, S.Ag.,M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa RAT ini harus didudukkan sebagaimana fungsinya di mana fungsi utama dari RAT ini harus bisa memperlihatkan sebagai forum untuk menilai kinerja tiga unsur kadang-kadang di beberapa koperasi di RAT itu hanya berjalan menilai kinerja dua unsur saja yang pertama adalah menilai kinerja pengurus, dan yang kedua dinilai kinerja pengawas.

Baca Juga  Silaturahmi Jenderal Dudung Dengan Diaspora Indonesia di Los Angeles Diapresiasi Konjen RI

“Dibeberapa Koperasi ada fenomena yang unik pengurus dinilai kinerjanya diletakkan seperti terdakwa dikritisi disalah-salahkan habis-habisan, satu sisi memang betul RAT ini memang saatnya pengurus menyampaikan pertanggungjawaban dan kebablasan juga tidak terlalu dan ada satu lagi yang jarang dilakukan RAT ini harus menjadi forum menilai kinerja anggot, “ungkapnya.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Pandeglang Drs. H. Cecep Gunawan, M.Pd., dalam sambutan menyampaikan Rapat Anggota Tahunan ini merupakan ajang informasi kepada seluruh anggota. Didalam koperasi kita ini sebagai anggota merupakan pemilik dan sekaligus pengguna serta sebagai pemilik harus memberikan modal kepada Koperasi dan sebagai pengguna harus memanfaatkan informasi menggunakan Koperasi.

Baca Juga  Refleksikan Nilai Luhur Pancasila Dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

“Tugas dari dinas koperasi kami menerima laporan pertanggungjawaban koperasi yaitu untuk melakukan penilaian kesehatan koperasi sesuai dengan peraturan deputi pengawasan kementerian Koperasi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2016. Ada empat kategori yang pertama apakah koperasinya sehat atau tidak apakah masuk kategori koperasi sehat atau tidak kalau skornya Bapak dan Ibu 80 sampai 100 hasil penilaian”, terangnya.

Kapten Cba Dudi selaku Kadis Puskop Kartika Siliwangi, dalam sambutannya menyampaikan masalah tertib administrasi terutama Pengurus-pengurus melaksanakan fungsinya mengelola koperasi baik organisasi maupun kegiatan usahanya.(***)