Bupati Lebak Minta Kades Terpilih Ajak Warganya di Vaksin

oleh

LEBAK – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meminta Kepala desa terpilih untuk mengajak warganya melakukan vaksinasi, ajakan kepada warga tersebut sebaiknya dimasukan kepada program 100 hari kerja Kepala desa. Kata Iti, ini kesempatan yang bagus untuk menciptakan kekebalan kelompok di masyarakat, jika kepala desa bisa menggerakan warganya untuk melakukan vaksinasi, bukan hal yang mustahil jika target 70 persen vaksinasi di Kabupaten Lebak dapat terealisasi.

“Saya menghimbau agar Kepala desa yang telah dilantik hari ini agar memasukan kegiatan vaksinasi dalam program 100 hari kerja. Ajak warganya, dengan begitu, saya yakin jika target vaksinasi sekitar 70 persen dari sasaran dapat terealisasi,” kata Iti ketika memberikan sambutan pada acara pelantikan kepala desa terpilih hasil Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021, Rabu (03/11/2021).

Baca Juga  Resmi Jadi Mitra Kemenkes, Ini Harapan Ketua AHKI

Selain itu, lanjut Iti, sepulang dari acara pelantikan, kepala desa terpilih dilarang melakukan perayaan yang berlebihan. Hal tersebut untuk menghindari ketersinggungan dari pihak lain. Lebih baik, tenaga dan pikiran langsung difokuskan untuk melakukan pembangunan di desanya masing masing. Dengan begitu, Kepala desa terpilih dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa ia layak dipilih.

Dihadapan 263 Kepala desa, Iti juga mengatakan, jika seorang pemimpin harus mempunyai integritas dan etos kerja yang baik, guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Berikan contoh yang baik kepada masyarakat, jangan sampai sikap dan prilaku kades tidak mencerminkan seorang pimpinan. ”Bekerjalah demi rakyat. Berikan contoh yang baik kepada masyarakat,” kata Iti.

Baca Juga  Deddy Mizwar Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum PPFI 2023 - 2028

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Babay Imroni mengatakan, pelantikan kepala desa terpilih dilakukan setelah laporan hasil perhitungan dan pelaksanaan Pilkades dimasing masing Kecamatan terselesaikan. Sehingga pihak Kabupaten menjadikan laporan dari Kecamatan sebagai patokan jika dilapangan sudah tidak mengalami kendala dan masalah. Babay mengharapkan agar kepala desa mengutamakan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat dalam program 100 hari kerjanya, sesuai dengan arahan dari Bupati Lebak.

“Saran dari Bupati sebaiknya dilakukan, masukan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam program 100 masa kerja. Dilain pihak, pelaksanaan pelantikan ini dilakukan agar Kepala desa terpilih segera bekerja agar pengelolaan pemeritahan ditingkat desa dapat terlaksana,” kata Babay.

Baca Juga  Pimpinan MUI Banten dan JBS, Berkomitmen Dukung Pelihara Kondusifitas Investasi

Sementara itu, Madyudin, seorang calon Kepala desa terpilih yang dilantik hari ini mengatakan, jika pihaknya akan memasukan kegiatan vaksinasi Covid-19 dalam program kerja 100 hari. Karena, program tersebut sangat baik, serta dapat membantu pemerintah dalam upaya memberantas penularan Covid-19.

Terpisah, Asda 1 bidang pemerintahan, Alkadri dan Kepala Bidang P3D Pembinaan Penyelenggaraan Pemdes, Diki Ginanjar. Serta Kasie Binwas Pemdes, Al Muhit, Mereka mengatakan, bersyukur pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Lebak berjalan dengan nol insiden. (ADV)