Betonisasi Perbaikan Jalan KH Ahmad Dahlan Dimulai, Masyarakat Berterimakasih kepada Walikota Cilegon

oleh
Walikota Cilegon Helldy Agustian bersama Kadis PUPR, Anggota DPRD dan tokoh masyarakat menyaksikan pemasangan papan informasi proyek perbaikan jalan KH Ahmad Dahlan / Dok

FAJARBANTEN.CO.ID – Walikota Helldy Agustian benar-benar merealisasikan janjinya untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kota Cilegon yang sebelumnya dalam kondisi rusak berat.

Pekan kedua Oktober ini, perbaikan ruas Jalan KH Ahmad Dahlan di Kelurahan Ciwedus akan dimulai, yakni berupa pekerjaan betonisasi dengan panjang 1,2 kilometer.

Sebagai bentuk transparansi dan komitmen untuk menghadirkan pembangunan yang berkualitas, Walikota Cilegon Helldy Agustian melakukan pengontrolan dan meninjau langsung lokasi proyek perbaikan jalan tersebut, Minggu 9 Oktober 2022.

Dalam kunjungannya ke lokasi proyek bersama Kepala Dinas PUPR, Walikota Helldy disambut oleh masyarakat setempat, dan secara langsung menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan proses perbaikan jalan tersebut.

“Mohon maaf proses perbaikan jalan ini terkesan lama, tapi saya pikir masyarakat Cilegon ini adalah masyarakat yang cerdas, karena di pemerintahan kami, kami baru bisa menganggarkan di tahun ini (2022), karena kami dilantik Februari 2021 dan saat itu anggaran yang kita pakai masih anggaran dari pemerintahan sebelumnya,” ujar Walikota.

Diungkapkan Helldy, bahwa realisasi anggaran perbaikan jalan selain mempertimbangkan aspirasi masyarakat, juga harus sesuai dengan prosedur Pemerintahan.

“Baru di tahun ini kita bisa menyusun anggaran kita sendiri, yang alhamdulillah di dalamnya terdapat perbaikan jalan ini,” jelas Walikota.

“Kami memaklumi keinginan masyarakat yang ingin langsung jalan itu diperbaiki, tapi ini yang dinamakan best on process. Jadi kita lakukan sesuai dengan prosedur yang ada, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari,” sambung Helldy.

Baca Juga  Kehadiran Lembaga Bantuan Hukum SMSI Tepat di Era Digital

Pada kesempatan itu, Helldy juga berkomitmen bahwa pembangunan di era Pemerintahannya akan berjalan secara transparan.

“Kita kumpulkan seluruh RT, RW, Lurah juga hadir, anggota dewan juga hadir, kita umumkan juga, sudah sesuai prosedur, perbaikan Jalan Ahmad Dahlan dimulai, saya ingin perbaikan jalan ini berjalan transparan,” tegasnya.

“Saya minta kontraktor melaksanakan pekerjaannya sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan, saya juga ingin RT RW menjadi controlling, agar supaya tidak ada temuan-temuan BPK ke depannya,” imbuh Helldy.

Terkait perbaikan jalan kedepannya, Walikota menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Cilegon sudah mempersiapkan program ‘Mantri Jalan’, yang mulai dianggarkan pada APBD Perubahan 2022.

“Saat ini Pemkot Cilegon mempersiapkan Mantri Jalan, dimana nanti Mantri Jalan tersebut akan keliling sepanjang jalan Cilegon dan melakukan survey. Apabila ditemukan jalan rusak, itu akan langsung diperbaiki oleh Mantri Jalan,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu tokoh masyarakat yang juga menjabat sebagai Ketua RW 05, Ahmad Shaleh, mengaku bersyukur sekali karena Pemerintahan Helldy-Sanuji merealisasikan harapan masyarakat yang sudah sejak lama menginginkan kualitas jalan yang baik.

Baca Juga  Erick Thohir: Jadikan Masjid Sebagai Mercusuar Peradaban

“Semenjak tahun 1986 jalan disini belum tersentuh perbaikan jalan yang maksimal seperti betonisasi, alhamdulillah dengan adanya cilegon maju modern dan bermartabat, realisasi betonisasi Jalan Ahmad Dahlan akan terlaksana, dengan ditancapkannya papan proyek perbaikan jalan pada hari ini,” katanya.

“Masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya perbaikan jalan ini, insya Allah kami sebagai warga akan merasakan manfaatnya, karena jalan Ahmad Dahlan ini sangat padat lalu-lintas, kami sangat berterima kasih kepada Pak Wali yang sudah mewujudkan keinginan masyarakat disini,” sambung Ketua RW.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cilegon Heri Mardiana, menjelaskan pekerjaan perbaikan jalan KH Ahmad Dahlan dilaksanakan dalam 4 paket kegiatan.

“Di Jalan Ahmad Dahlan kita ada 4 paket kegiatan, satu betonisasi, dua drainase, ketiga ada TPT (Tembok Penahan Tanah), lalu keempat penyangga, dengan panjang Jalan Ahmad Dahlan yang diperbaiki 1,2 kilometer, lebar ada yang 4 meter dan ada yang 5 meter,” jelas Heri.

“Waktu pelaksanaan perbaikannya 84 hari, dimulai dari tanggal 06 Oktober sampai dengan 28 Desember 2022, nanti mulai Senin, jalan akan dilakukan buka tutup di beberapa titik dan ada yang ditutup total, yang ditutup total itu dari Perumahan Rakata sampai ke JLS,” imbuhnya.

Baca Juga  Bupati Tangerang Tegaskan Tetap Patuhi Prokes

Pada kesempatan itu, Heri juga menjelaskan bahwa Dinas PUPR Kota Cilegon saat ini telah siap menerima laporan masyarakat terkait kondisi jalan rusak di ruas mana saja.

“Saat ini kita telah menyiapkan aplikasi digital dimana nantinya masyarakat Cilegon bisa melaporkan kondisi jalan yang rusak, selain itu pegawai kita hunting jalan mana yang rusak nanti langsung diperbaiki, itu yang sifatnya ringan, lubang satu, dua, langsung diperbaiki,” pungkas Heri.

Diketahui juga, di akhir Tahun Anggaran 2022 kali ini, Dinas PUPR Kota Cilegon akan merealisasikan perbaikan 5 ruas jalan yang ditargetkan selesai akhir Desember 2022.

Kelima ruas jalan yang sudah dan akan segera dikerjakan proyek pembangunannya yakni pertama jalan KH. Ahmad Dahlan, Jembatan Ciberko, jalan Panggung Rawi, jalan Imam Bonjol dan jalan KH. Asnawi.

Selain itu, Kepala Bidang Bina Marga (BM) Dinas PUPR Kota Cilegon, Retno Anggraeni, dalam pemberitaan media sebelumnya juga sempat menjelaskan, bahwa akan ada perbaikan 6 titik jalan rusak di Cilegon yang dianggarkan dari Bankeu Pemprov Banten.

Keenam jalan yang diperbaiki yakni jalan di wilayah Kelurahan Panggung Rawi, Pekerjaan Lanjutan di Jalan Imam Bonjol, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel, eks TMMD-Cipala dan Kelapa Tujuh-Cipala. (*/ADV)