Fajarbanten.co.id– Menyambut periode layanan Angkutan Lebaran 2024 yang akan dimulai pekan depan, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama Online Travel Agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com terus memperkuat kolaborasi dan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan sehingga mendapatkan experience perjalanan mudik dengan kapal ferry yang selamat, aman, dan nyaman.
Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan bahwa kerja sama strategis dengan tiket.com ini sebagai wujud komitmen manajemen untuk terus berinovasi dalam pelayanan, dan menghadirkan pelayanan penyeberangan prima berkelanjutan.
“Kolaborasi pertama ASDP dengan tiket.com sebagai wujud komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan value layanan kepada masyarakat melalui kemudahan dalam mengakses pembelian tiket ferry di tengah kesibukan mempersiapkan perjalanan di momen liburan Idul Fitri,” ujar Shelvy.
Berdasarkan data dari Kementrian Perhubungan RI, diprediksi bahwa akan ada lonjakan pemudik di tahun 2024 ini yaitu sebesar 70%, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnnya. Dimana diprediksi bahwa ada 167,2 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024. Data ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan menjelang liburan lebaran melonjak secara signifikan bila dibandingkan tahun sebelumnya.
Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com mengatakan, “Sebagai OTA yang berfokus pada customer-centric, tiket.com ingin terus memberikan yang terbaik bagi sobat tiket. Di antaranya seperti saat kebutuhan transportasi menjadi salah satu yang paling dicari seperti sekarang ini. Untuk memastikan siapapun tetap bisa mudik, tiket.com turut berekspansi dan mendorong sobat tiket agar menjelajahi opsi transportasi terbaru di platform kami, seperti kapal ferry, bus, dan shuttle.”
Sebagai salah satu moda transportasi terbaru, tiket kapal ferry yang dijual di platform tiket.com saat ini merupakan bentuk kerja sama strategis dengan ASDP. Menyusul bus dan shuttle yang diluncurkan pada tahun sebelumnya, pembelian tiket ferry melalui platform tiket.com diharapkan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi sobat tiket yang hendak melakukan perjalanan antar pulau. Sejak diluncurkan di tiket.com, pembelian tiket ferry terus menunjukkan peningkatan. Khususnya di minggu pertama Ramadan yang naik sebesar 10% dibandingkan minggu sebelumnya.
Julian Martin, Head of Ground Transportation, tiket.com menjelaskan, “Kami optimistis pemesanan tiket ferry akan terus meningkat menjelang hari-H Lebaran. Saat ini kami memang baru melayani pembelian tiket untuk Merak-Bakauheni (PP) dan Ketapang-Gilimanuk (PP). Berdasarkan data di tiket.com, pemesanan tiket di platform kami paling banyak datang dari rute Merak-Bakauheni, dan diikuti rute Bakauheni-Merak.”
Shelvy juga menambahkan bahwa kerja sama dengan tiket.com ini bertujuan untuk memberikan akses yang lebih merata kepada seluruh masyarakat, dimana permintaan terhadap sarana transportasi umum semakin meningkat, maka kami berharap agar semakin banyak masyarakat atau pengguna jasa yang memilih moda ferry sebagai salah satu sarana transportasi yang diandalkan serta menjadi backbone transportasi nasional.
Pada periode layanan Angkutan Lebaran 2024, puncak arus mudik penyeberangan diprediksi pada Sabtu (6/4) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3. Lalu, untuk puncak arus balik Lebaran diprediksikan terjadi pada Minggu (14/4) atau H+3 dan Senin (15/4) atau H+4.
Shelvy menegaskan dengan adanya perkiraan jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun ini yang mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan di 8 lintasan terpantau Nasional yang berada dibawah koordinasi 9 Cabang ASDP, para pengguna jasa dihimbau untuk membeli tiket dari jauh hari secara mandiri. Penjualan tiket online Ferizy telah dibuka sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan. (*/yogi)