XL Axiata Dukung Pendidikan Berbasis Digital

oleh
Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa (kedua dari kiri), Chief Home Officer XL Axiata, Bernard Ho Swee Keong (kedua dari kanan), Group Head People Journey XL Axiata, Rylld Ipbtas Yusri (kiri), Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto (kanan), dan Pimpinan Ponpes Riyadhul Qur’an, Ustadz Rohmanto, L.c (ketiga dari kanan) pada penyerahan bantuan secara simbolis yang digelar di Sleman, Senin (18/03).

Fajarbanten.co.id – Memanfaatkan momentum Ramadan, dalam upaya mendukung pendidikan berbasis digital di Indonesia, melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyalurkan donasi berupa router dan kuota data kepada perguruan Islam, termasuk pondok pesantren (ponpes). serta lembaga sosial yang peduli dengan anak berkebutuhan khusus di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu sasaran penyaluran adalah Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo, Jawa Timur. Direktur & Chief Enterprise Business & Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya menyerahkan secara langsung donasi kepada pimpinan Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus, Dr. Sawitri Retno Hadiati pada acara Safari Ramadan XL Axiata di Surabaya, Senin (25/3).

Yessie menyatakan, “Seiring dengan semakin meluasnya infrastruktur jaringan kami di seluruh Indonesia, yang menjangkau hingga area pedesaan, kami tentu berharap bisa ikut mendorong peningkatan literasi digital masyarakat di semua kalangan, termasuk juga untuk para penyandang disabilitas. Bagaimana pun juga penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang juga berhak mendapatkan kesempatan meningkatkan dan memanfaatkan literasi digitalnya agar lebih produkitf di kehidupan sehari-hari.”

Yessie menambahkan, XL Axiata memandang kalangan Yayasan sosial perlu dukungan agar lebih siap dalam menyambut era digital dan mampu memberikan pendidikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus yang serba digital saat ini. Selain itu, program GDK juga merupakan langkah nyata perusahaan dalam membantu pemerataan pendidikan berbasis digital ke semua kalangan di Indonesia.

Baca Juga  Antisipasi DBD, Puskesmas Munjul Lakukan Fogging dan Sosialisasi PHBS

Donasi router untuk Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus dilengkapi dengan paket data sebesar total 240 GB selama 1 tahun yang akan disalurkan selama bulan Ramadan. Router merupakan perangkat perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain. Turut hadir saat penyerahan donasi di Surabaya adalah Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto

Pimpinan Yayasan Peduli Kasih Anak Berkebutuhan Khusus, Dr. Sawitri Retno Hadiati mengatakan, pihaknya menyambut baik program GDK ini dari XL Axiata yang bertujuan mendorong penerapan pendidikan berbasis digital di yayasan yang dikelolanya. Dia berkomitmen untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin guna meningkatkan literasi digital bagi para siswa dan pengajar agar tidak tertinggal mengingat pengajaran berbasis digital saat ini sudah merupakan keharusan.

“Dengan kerjasama yang baik antara XL Axiata dan organisasi lokal, instansi pemerintah, serta berbagai elemen masyarakat, kami berharap distribusi dan penerapan donasi ini dapat terlaksana dengan efektif. Bantuan yang diberikan XL Axiata ini tidak hanya merupakan ungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga sebagai bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” lanjut Yessie.

Selain di Surabaya, perguruan Islam, pondok pesantren dan yayasan sosial yang terpilih menerima donasi ini tersebar di berbagai provinsi, antara lain

Baca Juga  Prabowo-Gibran Diyakini Mampu Lanjutkan Program Pembangunan IKN

1. Yayasan Pendidikan Islam Pembangunan 2, Langkat, Sumatera Utara
2. Yayasan Rumah Harapan Banjarbaru, Kalimantan Selatan
3. Ponpes Riyadhul Qur’an, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
4. Panti Asuhan Al-Musyahwir, Makassar, Sulawesi Selatan
5. Majelis Ngaji Karang Sambung, Serang, Banten
6. Yayasan Amal Indonesia, Jakarta Selatan

Donasi sembako ke 75 titik

Masih bertepatan dengan bulan suci Ramadan, XL Axiata dan karyawan juga menyalurkan donasi sembako ke total 75 titik. Sebanyak 60 titik di antaranya merupakan lokasi penyaluran donasi sembako melalui program XL Axiata Peduli, termasuk di Jawa Timur dan beberapa kota di Sulawesi. Penyaluran paket sembako ini menjadi bagian dari upaya silaturahmi yang terus dijalin oleh XL Axiata dengan masyarakat di masing-masing daerah.

Sementara itu, melalui program XL Axiata Baik, karyawan bersama Majelis Taqlim XL Axiata (MTXL) juga memberikan perhatian kepada masyarakat di masing-masing daerah dengan turut menyalurkan paket donasi sembako kepada ponpes/yayasan sosial di 15 titik yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

“Bagaimana pun juga, kami telah menjadi bagian dari masyarakat sejak lebih dari 20 tahun lalu. Untuk itu silaturahmi perlu kami jaga terus, baik dilakukan oleh manajemen mewakili Perusahaan maupun karyawan, baik dalam wujud memberikan layanan telekomunikasi dan data terbaik, juga melalui program-program sosial seperti ini. Kami berharap akan terus bisa memberikan dukungan kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui berbagai kesempatan sesuai dengan bidang keahlian kami, termasuk peningkatan literasi digital masyarakat hingga ke pelosok pedesaan”, imbuh Yessie.

Baca Juga  Muzani: Hari Ini Kita Diserang karena Gemoynya Prabowo Digandrungi Milenial dan Gen Z

Hingga akhir 2023, XL Axiata mengoperasikan infrastruktur jaringan berupa total lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Tentang XL Axiata
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. XL Axiata fokus menyediakan layanan konvergensi guna memberikan kemudahan bagi aktivitas kehidupan masyarakat serta mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL Axiata saat ini menyediakan beragam layanan bagi pelanggan ritel dan korporat yang didukung jaringan luas dan berkualitas di seluruh Indonesia. Sejak 2015, XL Axiata telah mengimplementasikan jaringan 4G LTE berkualitas dengan skala nasional, kemudian dilanjutkan dengan pengembangan jaringan 5G di kuartal ketiga 2021. XL Axiata merupakan bagian dari Axiata Group bersama dengan CelcomDigi (Malaysia), Dialog (Sri Lanka), Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Boost, ADA, edotco, dan Link Net (Indonesia). (*/yogi)