Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

oleh
Kepala Satpol PP dan Damkar (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Lebak, Dartim

FAJARBANTEN.CO.ID -Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) setempat meminta agar masyarakat mewaspadai musibah kebakaran hutan dan lahan yang saat ini kerap terjadi. Terlebih saat ini musim kemarau yang rentan terhadap musibah kebakaran.

Kepala Satpol PP dan Damkar (Kasatpol PP dan Damkar) Kabupaten Lebak, Dartim mengatakan, jika saat ini masyarakat benar benar harus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Apalagi diberbagai Kecamatan di Lebak memiliki tingkat kerentanan yang tinggi dikarenakan masih terdapat wilayah perhutanan.

“Kami menghimbau agar masyarakat mewaspadai terhadinya kebakaran hutan dan lahan. Karena wilayah Kabupaten Lebak sangat rentan terjadi kebakaran, saat ini saya sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan, kawasan hutan bahkan perumahan penduduk,”kata Dartim, kepada Wartawan, Selasa(19/09/2023).

Baca Juga  Optimalkan Capaian Program, Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Lakukan Sinergi dan Kolaborasi Pentahelix

Kata Dartim, pihaknya akhir akhir ini kerap menerima banyak laporan mengenai kebakaran lahan, hal tersebut dikarenakan saat ini sedang musim kemarau. Tentu saja kondisi ini menambah resiko kebakaran, karena itu pula ia mengajak warga untuk bersama sama meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran.

Ia menghimbau agar warga tidak membuka lahan dengan cara membakar hutan atau lahan, selain itu juga dilarang membuang punting rokok sembarangan. Kemudian juga warga jangan membakar sampah diareal perhutanan, terutama pada saat angin berhembus kencang, lantaran angin itu bisa memicu resiko penyebaran kobaran api.

Baca Juga  Direktorat Jenderal Kebudayaan : Makam Mbah Buyut Jenggot Tidak Direkomendasikan Sebagai Cagar Budaya

Saat ini kata Dartim, berdasarkan denah wilayah manajemen kebakaran yang dihimpun pihaknya menyebutkan jika Satpol PP dan Damkar menempatkan armada dan petugasnya di empat Posko, posko yang pertama adalah di Kantor Satpol PP yang membawahi, Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Warunggunung, Kalanganyar, Maja, Cimarga dan Curugbitung.

Kemudian posko yang kedua berada di Kecamatan Cipanas yang meliputi Kecamatan Sajira, Muncang, Lebakgedong, dan Sobang. Kemudian untuk posko ketiga yaitu di Cileles yang meliputi Kecamatan Cikulur, Gunung Kencana, Leuwidamar, Bojong Manik, Banjarsari dan Cirinten, dan yang terakhir posko keempat terdapat di Kecamatan Malingping yang meliputi, Wanasalam, Cijaku, Cigemblong, Cihara, Panggarangan, Cibeber, Bayah dan Cilograng.

Baca Juga  Jaga Kebugaran Tubuh, Jajaran Rutan Bangil Lakukan Jalan Santai

“Ini bagian upaya kami untuk membantu warga guna meminimalisir terjadinya bencana kebakaran, dan jika terjadi maka penanganan bantuan pemadam kebakaran akan lebih mudah menjangkau ke semua wilayah,”tutup Dartim.

Achmad Syarif warga Rangkasbitung mengaku menjalankan arahan dari Satpol PP dan Damkar, karena dilingkungan tempat ia tinggal penanganan pembuangan sampah dan membuka lahan yang suda kering tidak dilakukan pembakaran.(Rijal)