Upacara Peringatan HANTARU 24 September 2023 di Provinsi Banten, Berikut Sambutan Menteri ATR/Kepala BPN

oleh

fajarbanten. co.id – “Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2023 kali ini mengusung tema Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju,” ujar Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten (Kakanwil BPN Banten), Sudaryanto membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2023 yang digelar di Lapangan Upacara Kanwil BPN Banten.

Sudaryanto melanjutkan, dalam melaksanakan program, Kementerian ATR/BPN tidak dapat bergerak sendiri dan perlu dibangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh pihak terkait. Disampaikan bahwa saat ini Kementerian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sebanyak 107,1 juta bidang tanah dari target 126 juta bidang tanah dan saat ini 10 (sepuluh) kabupaten/kota telah dinyatakan sebagai kabupaten/kota lengkap.

Dalam rangka menyukseskan PTSL, telah terdapat 118 kabupaten/kota yang membebaskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), terhadap kabupaten/kota yang belum membebaskan BPHTB Menteri ATR/Kepala BPN mendorong agar pemerintah setempat dapat membebaskan BPHTB sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan tanahnya.

Kementerian ATR/BPN juga telah melakukan akselerasi pendaftaran tanah melalui skema pendaftaran tanah secara komunal yang menjadi model dalam pensertipikatan tanah-tanah adat, pensertipikatan tanah wakaf dan rumah-rumah ibadah.

Baca Juga  PWI & IKWI Berbagi Dalam Harmoni Ramadhan 1443 H

Kementerian ATR/BPN juga memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan menyelesaikan 9 (sembilan) materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang seluruhnya telah ditetapkan menjadi RDTR oleh Kepala Otorita IKN, kemudian paket pengadaan tanah IKN dari 12 (dua belas) paket telah diselesaikan 7 (tujuh) paket pengadaan tanahnya.

Kaitan dengan RDTR, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk mempercepat realisasi RDTR karena dengan ketersediaan RDTR dapat meningkatkan daya saing wilayah dan mempermudah para pelaku usaha untuk berinvestasi.

Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten menyelenggarakan Upacara Peringatan Hantaru 2023 pada Senin (25/9/2023). Bertindak sebagai Pembina Upacara Kakanwil BPN Banten. Upacara ini dihadiri undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Banten, Majelis Ulama Indonesia Provinsi Banten, Pengurus Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah Banten, Kantor Jasa Surveyor Berlisensi, Purnabakti PNS BPN Banten serta jajaran Kanwil BPN Banten dan Kantor Pertanahan se-Banten.

Baca Juga  Menyambut Pilkada serentak di Sumatera Utara tahun 2024

Selamat 63 Tahun UUPA dan Selamat Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2023, Mari Kita Berkolaborasi untuk Berkinerja Lebih Menanjak dan untuk Indonesia Terus Maju.(***)