Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Kaum Milenial Melalui Seminar Kewirausahaan

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Guna membangun jiwa entrepreneurship dikalangan generasi muda, atau pada kaum milenial, Kampus Mashiro belum lama ini menggelar Seminar Kewirausahaan, yang di hadiri ribuan mahasiswa dan ratusan dosen serta tamu undangan, dengan pembicara dari Gaido Group, Pengasuh , serta dari internal kampus, yakni calon Rektor La Tansa Mashiro.

Sebagai pembicara pertama, Gus Ridlo atau KH. Imam Zarkasyi, yang merupaka putra bungsu dari kyai pendiri Pondok Moderen Gontor (PMG), memaparkan jatuh bangunnya pengalaman hidup beliau dalam mengelola dan membangun berbagai unit usaha pribadi maupun keluarga yang ada di PMG, baik itu bisnis di sektor pertanian, peternakan, home industri, perdagangan, percetakan, media, maupun HPH.

Baca Juga  Warga Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Paket Sembako Gratis

“Jatuh bangunnya usaha yang kita bangun, ibarat perjuangan yang harus kita lalui dengan cara jatuh tujuh kali, baru bisa sukses. Maka jangan bosan dan takut memulai kembali ketika terjatuh, walaupun harus mengalami kerugian demi kerugian, karena dari jatuh itu kita bisa mencapai keberuntungan, hingga sukses,” ungkap Doktor lulusan pasca Sarjana UGM Yogyakarta ini.

Usai paparan dari putra bungsu pendiri PMG, dilanjut oleh Hasan Gaido, selaku Founder dan CEO Gaido Group, yang juga menjelaskan bahwa dalam memulai bisnis, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Butuh perjuangan, komitmen dan tekad untuk bangkit ketika terjatuh. Karena hal itu pun dialaminya, hingga akhirnya Hasan bisa berdiri di forum tersebut.

Baca Juga  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Monitoring Taman Ekspresi Dan Pisang

“Saya terinspirasi oleh sahabat Nabi yang bernama Abdurrahman bin Auf, seorang pengusaha sukses pada zamannya, dan bukan bermodalkan uang, tapi bahwa modal adalah dirinya sendiri. Terbukti ketika beliau hijrah dari Makkah ke Madinah, beliau hanya minta ditunjukkan jalan ke pasar, dan di sanalah beliau memulai usahanya hingga sukses,” papar Hasan.

Sebagai Founder dan CEO Gaido Group, Hasan saat ini mulai melirik usaha lain, dan tidak hanya bergerak di bidang Travel yang sudah tersebar di 67 cabang di wilayah Indonesia. Dengan membangun Holding Company Gaido Group, sebagai ekosistem , dirinya pun akhirnya membuka usaha di sektor kesehatan, perbankan, pariwisata, properti, industri, hingga media.

Baca Juga  Launching Pelayanan Tilang 'GOES TO MALL' Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta

Sebagai penutup dan pelengkap pembicara ketiganya adalah dari internal Jampus La Tansa Mashiro, yakni Dr. Soleh Rosyad, yang kini ditunjuk sebagai Koordinator dari sepuluh program studi yang sudah berjalan di Perguruan Tinggi La Tansa Mshiro, mengatakan bahwa seorang muslim juga bisa jadi pembisnis.

“Kewirausaahan muslim dengan fokus, dan apakah seorang muslim bisa menjadi entrepreneur setingkat konglomerat?, Apa dan bagaimana seharusnya konsep entrepreneurship dalam ajaram Islam?, Dan bagaimana cara menjadi entrepreneur muslim?, Inilah yang harus kita ketahui serta pahami bersama, karena itu semua sangatlah bisa, selama ada kemauan dari diri kita sendiri,” tutupnya. (Daday)