Tingkatkan Minta Baca Di Hari Literasi, Kalapas Cilegon : Coba Mengenal Profesi Pendongeng

oleh

fajarbanten.co.id – Sama seperti hari-hari sebelumnya, Hari ini Senin (11/09) pagi yang masih dalam suasana Hari Literasi Internasional, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cilegon Kantor WIlayah Kemenkumhan Banten, kembali kedatangan Mobil Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPKAD) Kota Cilegon.

Perpustakaan keliling yang menjadi taman baca bagi warga binaan ini, selalu dinanti kedatangannya. Tampak antusias warga binaan memadati Mobil Perpustakaan Keliling dan mengantre memilih buku untuk dibaca.

“Saya hari ini, memilih buku dengan judul The Tourist. Buku luar. Melihat sinopsisnya sepertinya seru, kisah tentang agent CIA,” ujar salah satu warga binaan saat dijumpai sedang memilih buku di perpustakaan keliling.

Baca Juga  Gatot Wibowo : PJJ Untuk Lindungi Keselamatan Jiwa Anak-Anak Dari Serangan Covid-19

Perpustakaan Keliling dibuka sejak pukul 9 (sembilan) hingga pukul 12 (dua belas) Waktu Indonesia Barat. Pelaksanaan kegiatan berjalan lancar, dan akan rutin digelar untuk meningkatkan kualitas pembinaan kepribadian dan kemampuan intelektual melalui minat baca. Sehingga dapat menjadi bekal ketika WBP ketika keluar dari Lapas.

Kunjungan perpustakaan keliling hari ini tak seperti hari biasanya, karena turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPKAD) Kota Cilegon untuk melihat langsung antusiasme membaca di Lapas Cilegon. Kehadiran Ismatullah dan Tim disambut langsung, oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim beserta jajaran.

Baca Juga  Komunikasi Pembangunan Partisipatif, Dorong Warga Miskin Bangun Toilet Tanpa Subsidi

“Ibarat kita mengendarai sepeda, agar tidak jatuh kita harus terus bergerak. Sibukan diri kita dengan hal hal positif misalnya dengan membaca buku,” ujar Kalapas Cilegon, Enjat Lukmanul Hakim kepada warga binaan yang sengaja berkumpul di aula serba guna Lapas Cilegon, untuk mendengarkan paparan Tim Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPKAD) Kota Cilegon.

Lebih lanjut, Kalapas Enjat Lukmanul Hakim membuka peluang bagi warga binaan untuk bisa mengembangkan minat baca, ke keahlian yang dirasakan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Salah satunya, dengan menjadi pendongeng.

“Coba warga binaan sekalian, karena hobi membaca diasah lagi kemampuannya ke hal yang positif. Karena hobi membaca, mungkin coba mengenal profesi pendongeng. Hal ini tentu akan menjadi manfaat dikemudian hari. Akan menjadi sumber penghidupan juga dikemudian hari,” tambahnya.

Baca Juga  Ribuan Warga Meriahkan Jalan Sehat Sarungan Festival Al Azhom ke 9

Sejalan dengan Kalapas, Kepala DPKAD Kota Cilegon, Ismatullah menunjukkan apresiasinya dengan mencoba menjadikan ini menjadi sebuah perlombaan yang akan digelar di setiap Lembaga Pemasyarakatan. Pihaknya siap memfasilitasi demi menumbuhkan minat baca para warga binaan.

“Akan dilombakan kemudian hari. Ada reward oleh tim pusling. Kedepan mungkin bisa dimulai dengan menghadirkan tim mendongeng untuk menarik minat warga binaan yang hobi membaca,” pungkasnya.(***)