SMPN 1 Cikulur Raih Juara 1 Lomba Sekolah Sehat

oleh

fajarbanten. co.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cikulur, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, berhasil meraih juara ke 1 dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Lebak tahun 2023.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih juara ke satu lomba sekolah sehat tahun 2023 jenjang SMP dan mendapatkan piala serta uang pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Lebak,” kata Kepsek SMPN 1 Cikulur, Nonok Mulyati di ruang kerjanya, Selasa (12/09/2023).

Menurut Nonok, keberhasilan yang diraih sekolahnya atas kerjasama dewan guru serta semua pihak disekolah dalam proses menuju lomba sekolah sehat.

Baca Juga  Diduga Manipulasi Nilai Mahasiswa, Pihak Unma Berhentikan Dekan Fakultas Hukum dan Sosial

“Dalam lomba sekolah sehat yang dinilai yakni UKS, kebersihan lingkungan, kegiatan kesehatan siswa. Misalnya, pengelohan limbah sampah, kita mengolah limbah sampah dengan dibuat kerajinan tangan, seperti membuat bunga dari bahan limbah plastik guna mempercantik sekolah. Lalu membuat kebun tanaman pangan dan apotik hidup seperti kita tanami cabai, tomat, terong, jahe lengkuas dan lain sebagainya,” kata Nonok.

Nonok menambahkan, selain membuat apotik hidup dan tanaman pangan, SMPN 1 Cikulur juga membuat budidaya ikan lele, juga cacing jenis Lumbricus, dimana pakannya hasil dari sampah dari anak-anak murid.

Baca Juga  Nurdin Ardalepa Daftar Caketum PB HMI, Ini Visinya

“Adapun penilaiannya dinilai oleh Bapelitbangda, Dinas Kesehatan dan dinas pendidikan Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Atas keberhasilan tersebut, lanjut Nonok, SMPN 1 Cikulur mewakili Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Banten. “Tentunya kita mempersiapkan segalanya agar kita dapat meraih juara lagi di tingkat propinsi. Pokoknya dengan waktu secara singkat kita mempersiapkan semuanya, kita tidak ingin mempermalukan Kabupaten Lebak, dan hingga kini masih dalam proses penilaian kita pun masih menunggu,” ujar Nonok.

Baca Juga  Kesederhanaan dan Tanggung Jawab jadi Modal Saefullah di Mubes IKA PBI FKIP Untirta

Sementara itu, Abdul Gani, alumni SMPN 1 Cikulur merasa bangga. Pasalnya, tempat sekolahnya dulu menjadi Juara ke 1 dalam LSS 2023 tingkat Kabupaten Lebak dan akan menjadi wakil Kabupaten Lebak dalam LSS tingkat Provinsi Banten.

“Saya sebagai alumni merasa bangga, tempat saya sekolah dulu menjadi perwakilan dalam ajang LSS tingkat Provinsi Banten. Semoga menjadi juara dan bisa mengikut pada tingkat Nasional dan kembali meraih juara,” ujar Abdul Gani. (Ajat)