Pj Gubernur Banten Al Muktabar Resmikan 21 Sarpras Pendidikan di Kabupaten Lebak

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar meresmikan 21 Sarana, Prasarana dan Unit Sekolah Baru kewenangan Provinsi Banten di Kabupaten Lebak. Peresmian secara simbolis dilakukan di SMK Negeri 2 Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Senin (5/2/2024). Peresmian itu merupakan bagian dari ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak yang dilakukan Pemprov Banten di seluruh Kabupaten dan Kota.

Al Muktabar mengungkapkan, Kabupaten Lebak ini merupakan daerah yang dipertahankan sebagai basis pertanian, agro dan hortikultura selain Kabupaten Pandeglang. Dengan basis pangan yang terus diperkuat ini, tentu harus juga didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, sehingga bisa mengikuti perkembangan zaman.

“Untuk itu seluruh sekolah di Kabupaten Lebak ini harus mulai mempersiapkan SDM untuk menunjang ke arah sana. Itu bisa dilakukan dengan metode pembelajaran yang tidak hanya berpaku pada kurikulum nasional tetapi juga pada pengembangan Sumber Daya Alam (SDA) setempat,” kata Al Muktabar.

Baca Juga  KERIS Dukung Kemnaker Siapkan Generasi Emas, Wamenaker: Akan Ada Surprise Untuk Ojol Ya

Untuk menunjang itu semua, lanjut Al Muktabar, pemerintah hadir dalam rangka penyiapan Sarpras serta fasilitasi penunjang lainnya. Pemenuhan layanan dasar pendidikan Itu terus digiatkan sampai merata dirasakan oleh seluruh masyarakat Banten baik yang tinggal di perkotaan maupun pelosok Desa.

“Tidak ada lagi kesenjangan antar daerah, karena semuanya kita fasilitasi dan berikan yang terbaik. Bahkan dengan berbagai sarpras dan fasilitas yang kita berikan kepada sekolah di Kabupaten Lebak ini, tidak menutup kemungkinan kedepan kualitasnya akan mengalahkan sekolah-sekolah yang berada di perkotaan,” jelasnya.

Baca Juga  Siap-siap, Sinergi PLN - Himbara Bakal Permudah Masyarakat Miliki Motlis

Pada kesempatan itu, Al Muktabar juga mendorong agar setiap sekolah difasilitasi dengan jaringan internet yang kuat. Hal itu penting dilakukan, mengingat era saat ini sudah tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu.

“Dengan jaringan internet yang kuat itu maka setiap siswa bisa mengakses materi-materi pembelajaran, modul, e-paper secara maksimal,” ucapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten Tabrani menambahkan, sejak tahun 2022 sampai 2023, ada USB tingkat SMA/SMK Negeri yang dibangun Pemprov Banten di Kabupaten Lebak.

“Jumlah itu terdiri dari 11 SMK Negeri dan 10 SMA Negeri,” katanya.

Dikatakan Tabrani, dari 11 SMK negeri yang dibangun di Kabupaten Lebak, lima di antaranya adalah USB, yakni SMKN 1 Panggarangan, SMKN 1 Sajira, SMKN 1 Maja, SMKN 1 Kalanganyar, dan SMKN 2 Malingping.

Baca Juga  Tidak ada pungutan di MAN 1 Kota Tangerang

“Untuk pembangunan Sarpras lainnya itu di SMKN 1 Maja, SMKN 1 Curugbitung, SMKN 1 Cikulur, SMKN 1 Cibeber, SMKN 1 Warung Gunung, SMKN 1 Rangkasbitung dan SMKN 1 Leuwidamar,” rincinya.

Sedangkan untuk SMA negeri, Tabrani menyebut dari 10 sekolah yang dibangun, enam di antaranya adalah USB, yaitu SMAN 3 Panggarangan, SMAN 4 Panggarangan, SMAN 1 Cirenten, SMAN 4 Muncang, SMAN 2 Cijaku, dan SMAN 2 Rangkasbitung.

“Selain USB, ada juga pembangunan sarana prasarana lainnya seperti ruang kelas baru, ruang praktik siswa, ruang guru dan tata usaha, laboratorium, ruang Kepala Sekolah, toilet, serta ruang penunjang kegiatan belajar mengajar sekolah,” ujarnya.(***)