Pemkot Tangerang Gelar Webinar Parenting Bentuk Pondasi Pribadi Anak Masa Depan

oleh

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan kembali menggelar webinar parenting yang kali ini mengusung tema Membentuk Pondasi Pribadi Anak Masa Depan Dengan Pola Komunikasi PRADA (Get Prepared, Get Rapport, Get Attention, Get Desired, Get Action) yang diikuti oleh para pengawas, kepala sekolah serta para orang tua siswa se-Kota Tangerang, Jumat (14/04/2023).

Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah yang hadir sekaligus membuka kegiatan secara daring tersebut menyampaikan pentingnya membangun komunikasi positif dengan anak sejak dini agar membantu meningkatkan kepercayaan diri pada anak.

“Sangat penting karena selain meningkatkan kepedean, juga membuat anak merasa lebih berharga, membangun konsep diri anak yang positif, dan dapat membantu anak dalam membangun hubungan sosialnya.”

“Mungkin kita pernah melihat anak kecil yang pemalu di depan orang lain, Hal ini mungkin salah satunya disebabkan karena komunikasi orang tua dengan anak kurang terjalin dengan baik.” terang Arief.

Baca Juga  Pilkada Kab.Serang, Andika Hazrumy Tunggal yang Daftar ke PKB

Arief menambahkan, kemampuan orang tua dalam mendengarkan anak sejatinya sangatlah penting untuk membangun komunikasi yang efektif.

“Komunikasi yang baik dengan anak tidak hanya melibatkan mereka dalam pembicaraan saja, terlebih orang tua harus mendengarkan anak. Maka, komunikasi dua arah dapat terjadi antara orangtua dan anak.”

“Untuk itu dalam webinar ini sangat penting bagi kita orangtua untuk memahami pola komunikasi yang tepat.” imbuhnya.

Lebih lanjut, Arief berpesan kepada para guru dan orang tua agar lebih sabar dan selalu menanamkan nilai-nilai moral serta nilai agama di dalam mendidik dan berkomunikasi kepada anak.

Baca Juga  Prabowo Gibran Komit Lanjutkan Program Pembangunan Presiden Jokowi

“Tentunya kesabaran juga menjadi salah satu faktor penting dalam berkomunikasi dengan anak, dan tentunya dalam komunikasi tersebut hendaknya selalu kita hiasi dengan nilai-nilai agama agar nantinya anak-anak kita menjadi penerus bangsa yang bermoral dan bermasa depan gemilang.” pungkas Wali Kota. (*/cr1)