Mitigasi Bencana, Rutan Bangil Gandeng BPBD Kabupaten Pasuruan

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Rabu (07/02/2024) Pada suatu pagi cerah di Kabupaten Pasuruan, suasana di Aula Rutan dipenuhi antusiasme dan semangat dari seluruh pegawai yang berkumpul untuk mengikuti pelatihan penanggulangan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Pegawai dari berbagai divisi dan latar belakang bergabung dalam pelatihan ini, menunjukkan komitmen mereka untuk menjadi lebih siap dalam menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi di sekitar mereka.

Baca Juga  Nomor Urut 2 Angka Kemenangan Prabowo-Gibran

Sesi pelatihan dipandu oleh tim ahli dari BPBD Kabupaten Pasuruan, yang memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai jenis bencana dan strategi penanggulangannya. Dari banjir hingga gempa bumi, para pegawai diajarkan tentang tindakan-tindakan darurat yang harus dilakukan serta cara menjaga keamanan diri dan orang lain dalam situasi kritis. Diskusi aktif dan simulasi di dalam aula memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman dan belajar satu sama lain, menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara mereka dalam upaya bersama untuk keamanan dan keselamatan masyarakat.

Setelah sesi dalam ruangan, pelatihan berlanjut di halaman utama Rutan dengan simulasi langsung. Para pegawai terlibat dalam latihan evakuasi darurat, pemadaman kebakaran, dan penanganan korban bencana. Melalui praktik langsung ini, mereka mendapatkan pengalaman nyata dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan. Kerjasama tim, koordinasi yang efektif, dan kecepatan tanggap menjadi fokus utama dalam rangka memastikan keselamatan dan kesejahteraan bagi semua pihak terlibat. Dengan semangat yang tinggi dan pengetahuan yang baru didapat, para pegawai Rutan Pasuruan keluar dari pelatihan ini dengan keyakinan yang ditingkatkan untuk menghadapi tantangan bencana apa pun yang mungkin menghadang, siap memberikan bantuan dan perlindungan kepada masyarakat sekitar.(***)