MCCI Komitmen Terapkan Responsible Care

oleh

Fajarbanten.co.id – PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) gelar open house dalam rangka penerapan responsible care sebagai bentuk komitmen industri kimia dengan pengoperasian yang aman dan ramah lingkungan, Kamis (23/11/2023).

Komitmen responsible care PT MCCI tersebut khususnya pada kode praktek manajemen (RC Code), process safety, pollution prevention, employee healt safety (EHS) & community awareness & emergency response.

“Kami menerapkan praktek manajemen responsible care atau peduli dan tanggung jawab. Ini adalah inisiatif dari para pengusaha industri kimia di seluruh dunia. Industri kimia berkomitmen untuk melakukan perbaikan kinerjanya secara terus menerus yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan,” kata PNC Division Manager PT MCCI Dadang Hendrayana.

Baca Juga  Komisi I DPR RI dan KPI Gelar Bimtek Pengawasan Penyiaran Pemilu

Dalam open house yang mengusung tema “Pengoperasian Pabrik Aman Dengan Penerapan Responsible Care” itu, pabrik kimia yang memproduksi Purified Terephthalic Acid (PTA) mengundang sejumlah stakeholder terkait beserta perwakilan masyarakat dan siswa MAN 2 Cilegon.

Pada kesempatan itu, Dadang juga menuturkan, PT MCCI telah berkomitmen dalam penerapan responsible care, mulai dari perancangan pabrik, produksi, distribusi, hingga pengolahan limbah yang dikelola supaya ramah lingkungan.

“Open house ini salah satunya untuk membangun kesadaran di masyarakat sekitar dan di sisi perusahaannya juga melakukan tanggap darurat. Ini supaya masyarakat sekitar memahami dan merasa aman, supaya tidak takut dengan adanya industri kimia,” ujarnya.

“Kami mengundang untuk mengunjungi pabrik kami, agar ada komunikasi yang baik dengan masyarakat sekitar. Ini juha sebagai sarana meningkatkan kesadaran masyarakat dan pihak industri tentang pentingnya keselamatan kerja dan menjaga lingkungan,” tuturnya.

Baca Juga  Rapimnas KAI: 110 Organisasi Ekonomi Rakyat UMKM Die Hard Prabowo Gibran Menang Satu Putaran

Di tempat yang sama, Kabid PSLB3 DLHK Provinsi Banten Ruli Rianto menyampaikan, tata kelola perusahaan yang baik perlu terus dikembangkan, salah satunya dengan penerapan responsible care seperti yang dilakukan oleh PT MCCI.

“Melalui keterbukaan, dengan merangkul masyarakat, menginformasikan dan juga mengedukasi, maka kemudian perusahaan itu juga menjadi bagian dari sistem di masyarakat itu sendiri,” ucapnya.

Ruli juga mengapresiasi raihan yang dicapai oleh PT MCCI terkait dengan kinerja industri yang tetap mengedepankan kepedulian terhadap lingkungan.

“Ini tandanya bahwa MCCI ini konsen dan patuh terhadap regulasi dan menjaga lingkungan, menjaga keselamatan kerja, menjaga kesehatan, dan melibatkan masyarakat. Inilah yang harus kita teruskan,” tuturnya.

Baca Juga  Buka Gelar TTG XVII Provinsi Banten 2023, Pj Gubernur Al Muktabar: Teknologi Tepat Guna Berdayakan Masyarakat

Apresiasi yang sama juga disampaikan Danramil 2303 Pulomerak, Mayor CHB Gimin. Ia berharap, kegiatan open house tersebut dapat memberikan edukasi bagi masyarakat sekitar.

“Jadi memang perlu kegiatan seperti ini, agar masyarakat juga tahu tentang apa saja yang telah dikerjakan oleh industri. Ini juga menjadi edukasi dan makin mendekatkan industri dengan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Hadir pada open house PT MCCI tersebut Kapolsek Pulomerak Kompol Ate Waryadi, Lurah Gerem Rahmadi Ramidin, Perwakilan Disnakertrans Banten, Perwakilan DLHK Cilegon, Perwakilan Disnaker Cilegon, serta perwakilan dari tokoh masyarakat. (*)