Komisi I DPR RI dan KPI Gelar Bimtek Pengawasan Penyiaran Pemilu

oleh

FAJARBANTEN. CO.ID – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah menyelenggarakan acara bimbingan teknis (bimtek) terkait pengawasan penyiaran pemilu dan peran masyarakat dalam mengawasi penyiaran terkait pemilihan umum (pemilu) tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Aula Pendopo Pandeglang, Kamis 26 Oktober 2023.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mohamad Reza mengatakan, tujuan dari acara ini ialah untuk memastikan pemahaman yang seragam terkait regulasi yang dikeluarkan oleh KPI mengenai pemilu.

“Ini kan ke tokoh-tokoh masyarakat beberapa lembaga dan pemuda agar ada pemahaman yang sama terkait regulasi dari komisi penyiaran Indonesia,” kata dia.

Dikatakan Reza, bahwa acara ini juga merupakan wadah untuk mendiskusikan pengawasan pemilu.

“Kita harap alam konteks ini, tokoh-tokoh masyarakat di Pandeglang, dapat memahami proses pengaduan terkait penyiaran yang kurang tepat,”ujar dia.

Sementara itu, Rizki Aulia Rahman Natakusumah, Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Demokrat, menyoroti pentingnya dilakukan pengawasan, sehingga berita yang di sampaikan harus kepada masyarakat.

Baca Juga  Kasihan! Warga Labuan Alami Tuna Netra, Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

” Penting dilakukan pengawasan, baik itu media online dan penyiaran elektronik, untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan kepada masyarakat tetap akurat dan sesuai etika,”katanya.

Rizki juga menambahkan bahwa acara ini merupakan bagian dari upaya harmonisasi regulasi terkait pemilu, seperti Peraturan KPI tentang kepemiluan, yang sedang dalam proses dan akan berperan penting dalam pengawasan pemilu di masa depan.

Baca Juga  Arya dan Aeng RTC Ambil Formulir Calon Ketua PBSI Kabupaten Serang

Rizki mengingatkan bahwa dunia penyiaran tidak hanya melibatkan lembaga penyiaran, melainkan juga melibatkan unsur-unsur masyarakat dan pemerintah daerah.

“Diskusi ini membahas peran penting penyiaran dalam konteks pemilu dan bagaimana masyarakat serta pemerintah daerah terlibat dalam proses ini,” pungkasnya. (Asep)