Ketiga Hotel Aston di Banten Menggelar Earth Hour sebagai Langkah Konkret dalam Pelestarian Lingkungan

oleh
Kegiatan Earth Hour di Aston

FAJARBANTEN.CO.ID – Semakin hari, perubahan iklim kian mengkhawatirkan. Dampak dari perubahan iklim dapat memicu berbagai masalah yang terjadi di bumi kita. Earth Hour merupakan sebuah gerakan global yang berusaha untuk mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, serta pemerintah di berbagai belahan dunia untuk menunjukkan kepedulian dan juga kontribusinya terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim secara simbolis.

Berpartisipasi dalam hal-hal kecil dapat membuat perubahan besar. Kebiasaan mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan, mencabut peralatan yang tidak perlu, menggunakan lampu hemat energi atau termostat pintar untuk mengontrol suhu di rumah. Semua hal-hal kecil ini akan membuat dampak besar pada konsumsi energi jika dilakukan secara massif.

Ketiga Hotel Aston di Banten telah berkomitmen untuk turut berperan dalam pelestarian bumi, terlihat pada program earth hour, kampanye untuk mematikan lampu listrik selama satu jam lamanya, yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2024 secara serentak.

Aston Serang Hotel & Convention Center berkomitmen untuk memperingati Earth Hour dengan cara yang berarti dan berdampak positif. Dalam semangat untuk melestarikan lingkungan dan memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat, Aston Serang Hotel & Convention Center dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Bank Sampah Digital dalam upaya pengumpulan sampah yang berkelanjutan.

Baca Juga  Kalapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung Beri arahan kepada seluruh WBP Lapas Narkotika Bandar Lampung

Aston Serang Hotel & Convention Center bersama dengan Bank Sampah Digital menggelar kegiatan pengumpulan sampah yang melibatkan para karyawan. Kegiatan ini akan fokus untuk mengumpulkan berbagai jenis sampah seperti gelas, botol, tutup botol, galon, ember, kertas, koran, duplex, alumunium, besi, kaleng, stainless, tembaga, aki mobil/motor, plastik kresek, paku, minyak jelantah, dan berbagai jenis sampah lainnya. Hasil dari penimbangan tersebut, Aston Serang mendapatkan 15,5kg sampah.

Setiap jenis sampah yang berhasil dikumpulkan telah ditimbang dan hasilnya akan didonasikan kepada pihak yang membutuhkan. Hal ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Aston Serang Hotel & Convention Center yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Selain itu, diadakan pula aktivitas anak dan seni serta kerajinan daur ulang oleh Bank Sampah Digital. Anak-anak dapat menikmati sesi kerajinan tangan yang menyenangkan menggunakan bahan daur ulang, yang diselenggarakan oleh Bank Sampah Digital. Bagi para tamu hotel yang ikut berpartisipasi berkesempatan mendapatkan souvenir menarik.

Baca Juga  Terganjal Aturan, Honorer Tenaga Teknis Harus Kembali Gigit Jari Dalam Rekrutmen PPPK

Luna Feritha, Cluster Public Relations Manager ASTON Anyer, ASTON Cilegon dan ASTON Serang menjelaskan, “Dalam menghadapi tantangan lingkungan yang semakin mendesak, kami di Aston Serang Hotel & Convention Center percaya bahwa setiap langkah kecil dapat memberikan kontribusi besar terhadap pelestarian bumi kita. Dengan kolaborasi bersama Bank Sampah Digital, kami berharap dapat menginspirasi masyarakat sekitar untuk turut serta dalam upaya
pelestarian lingkungan.”

Aston Cilegon Boutique Hotel mensupport program Earth Hour dengan melakukan pemadaman listrik sebagai simbol komitmen dalam mendukung pelestarian lingkungan. Selama satu jam tersebut, tamu dan pengunjung hotel diundang untuk mengalami suasana yang tenang, sambil menikmati lantunan musik akustik yang akan disajikan secara live.

Tidak hanya itu, Aston Cilegon Boutique Hotel juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik selama Earth Hour, termasuk kontes foto dengan tema “Momen Earth Hour” yang diadakan di Instagram. Selain itu, tamu juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan DIY lentera kertas yang di dalamnya diisi dengan LED untuk memberikan variasi cahaya pada lentera tersebut. Bagi para peserta DIY lentera kertas ini mendapatkan snack bites secara cuma-cuma.

Baca Juga  Presiden KAI Ali Mahsun: Prabowo Ksatria Tahan Banting dan Gibran Jaminan Bonus Demografi

Para peserta kontes foto dan DIY lentera kertas yang berhasil menarik perhatian pun memenangkan hadiah hiburan berupa F&B vouchers senilai Rp 250,000 untuk pemenang pertama, Rp 200,000 untuk pemenang kedua, dan IDR150,000 untuk pemenang ketiga. Aston Anyer Beach Hotel melakukan hal yang serupa yaitu pemadaman listrik serentak, mulai
pukul 20.30 WIB sampai dengan pukul 21.30 WIB.

Doddy Fathurahman, Regional General Manager menjelaskan, “Ini adalah momen yang penting bagi kita semua untuk bersatu dalam upaya melindungi lingkungan hidup kita. Melalui partisipasi dalam Earth Hour dan rangkaian kegiatan yang kami selenggarakan, kami berharap dapat menginspirasi khalayak luas untuk melakukan perubahan positif dalam pola pikir dan perilaku mereka terhadap lingkungan”. (*/yogi)