Jelang Malam Pergantian Tahun Rutan Serang Cek Kamar Hunian Dan Tembok Rutan

oleh

Fajarbanten.co.id – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang melakukan pengecekan kelayakan hunian dan jumlah fisik Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta mempertebal keamanan dengan melaksanakan Patroli Keliling (Troling) menyusuri tembok Rutan. Minggu(31/12/2023).

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Abimantrana menjelaskan, Kegiatan tersebut memang rutin dilaksanakan oleh dirinya beserta seluruh staf dan Regu Pengaman (Rupam) sebagai langkah deteksi dini terhadap gangguan Keamanan dan Ketertiban di ruang lingkup Rutan Kelas IIB Serang.

“Walaupun kita laksanakan secara rutin, namun di hari pergantian tahun ini kita pertebal lagi dengan melakukan pengecekan hunian terkait kelayakannya, seperti kebersihan kamar hunian hingga fasilitas kamar hunian yang wajar,” Ujar lelaki yang akrab disapa Abi.

“Dengan penerapan pola hidup sehat dapat meminimalisir WBP jatuh sakit”tambahnya.

Usai melakukan pengecekan kamar hunian. KA KPR beserta Staf dan Regu Pengamanan melakukan Troling menyisir tembok Rutan dan memaksimalkan pengamanan melalui menara pos jaga.

Baca Juga  Ketua ILUNI UMB Nilai Sosok Jenderal Dudung Abdurachman Wahid Miliki Potensi Besar Pimpin Indonesia

” Karena malam nanti merupakan malam pergantian tahun, jadi hari ini sekitar 7 staf KPR bersama 14 Regu pengaman mempertebal pengamanan dengan menyisir seluru tembok Rutan dan melakukan pemantauan daru menara pos jaga,” Tegas Abi.

“Hal ini sebagai langkah deteksi dini meminimalisir berbagai kemungkinan yang dapat menimbulkan gangguan kamtib dari dalam maupun luar Rutan,” Tambah Abi.

Baca Juga  Daftar Calon Gubernur Banten, Airin Dapat Pujian Petinggi PAN Banten

Saat ini terdata 525 WBP yang terdiri dari 495 WBP Pria dan 30 WBP Wanita yang berada di Rutan Kelas IIB Serang. Abimantrana memastikan jika Keamanan dan Ketertiban di Rutan pada saat malam pergantian tahun 2024 dapat terjaga dan terkendali dengan kekompakan para petugas staf KPR dan Regu Jaga yang bertugas. (HMS).