Gandeng ASKI Balad Mustafa Siap Cetak Barista

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Dengan menggandeng Asosiasi Kopi (ASKI), Cafe Mustafa 85, bersama Balad Mustafa dan Pokja Wartawan (Porwan) Pandeglang, serta beberapa komunitas dan lembaga terkait, berencana menggelar Workshop Barista yang akan dilaksanakan di Lembur Kula, Kampung Kalapasan, Desa Pasir Peuteuy, Kecamatan Cadasari, Pandeglang, Sabtu 25 November 2023.

Workshop atau pelatihan tehnik dan cara membuat kopi ala cafe (Barista) ini, dikhususkan bagi para pecinta dan penikmat kopi yang ada di wilayah Kabupaten Pandeglang, maupun bagi masyarakat umum yang berencana ingin berusaha di bidang kopi, atau cafe.

“Kegiatan ini free, alias getatis bagi siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan ilmu cara meracik kopi agar nikmat dan enak, atau bagi masyarakat yang tertarik untuk membuka kedai kopi di Pandeglang ini. Bahkan ASKI akan berikan sertifikat Workshop Barista pada para peserta pasca mengikuti kegiatan ini, serta beberapa alat seduh manual secara gratis,” jelas Ketua pelaksana, Gatot Saputro, Kamis 23 November 2023.

Dikatakannya juga, bagi warga Pandeglang yang berminat mengikuti kegiatan tersebut, bisa langsung mendaftar ke panitia pelaksana di Cafe Mustafa 85 yang berada di Jalan Ade Irma Suryani No.17, belakang SMP 1 Pandeglang, Kabayan Kota, Pandeglang.

Baca Juga  PUB Gelar Fun Trip Gathering Dari Titik Nol Hingga Pondok Layung Resort

“Kegiatan ini akan dimulai sejak pukul 09.00 di Lembur Kula Kafe, pada 25 November 2023 nanti. Workshop Barista ini, merupakan Batch 1. Kami pun akan menggunakan kopi lokal Pandeglang, khususnya kopi Robusta Gunung Karang, dan ini adalah kerjasama dengan tim Porwan Pandeglang,” lanjutnya.

Sementara Sekretaris Panitia, Tb. Agus Jaleandro menambahkan, bahwa kegiatan ini strategis dalam membuka peluang kerja, terutama bagi generasi muda di Banten khususnya Kabupaten Pandeglang.

“Dari berbagai sumber media yang pernah saya lihat, bahwa Banten memiliki tingkat pengangguran yang tinggi. Dengan workshop ini, harapannya dapat mengurangi angka pengangguran,” jelas Agus, yang juga Ketua Porwan Pandeglang.

Baca Juga  Soal Analisa Hendropriyono Ujang Komarudin Sebut Bakal Jadi Kenyataan

Ia menjelaskan bahwa peserta Workshop Barista akan memiliki kesempatan untuk magang di berbagai cafe yang telah menjalin kerjasama dengan Balad Mustafa di Banten.

“Setelah pelatihan, mereka akan magang di cafe-cafe mitra kami bila berminat. Karena besar harapan kita, agar masyarakat Banten, terutama Pandeglang, dapat berkembang dalam industri kopi lokal, sambil memperkenalkan kekayaan kopi Pandeglang ke kalayak luas,” tutupnya. (Daday)