FPTK Banten Beri Penghargaan Pada Penggiat dan Pendukung GRTK

oleh
Danlanal saat memberikan penghargaan pada GM PT Telkom Indonesia, saat acara Launching Konservasi Terumbu Karang, di Kampung Nelayan Cipanon, Rabu 7 Juni 2023 lalu. Daday

FAJARBANTEN.CO.ID – Sejumlah penggiat dan pendukung program , atau program Gerakan Rehabilitasi () yang telah berjalan kurang lebih tiga tahun ini, mendapatkan apresiasi dari (F-PTK) Banten, saat Launching Konservasi Terumbu Karang Tahap III, di Kampung Nelayan Cipanon, Rabu 7 Juni 2023 kemarin.

Apresiasi berupa piagam penghargaan yang diberikan oleh F-PTK tersebut, disampaikan langsung oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal), Kolonel (P) Laut, Dedi Komarudin. SH, yang salah satu apresiasi dan ucapan terimakasih berikan, yakni pada Indonesia, yang telah konsisten selama tiga tahun melakukan kegiatan Konservasi terumbu karang, di dan Liwungan.

“Kami sangat mengapresiasi peran sekecil apapun dari kelompok maupun perorangan yang mendukung Gerakan Rehabilitasi, maupun Restorasi Terumbu Karang atau GRTK, sejak digulirkannya pada tahun 2020 hingga saat ini,” jelas Dedi.

“Bahkan hingga saat ini, F-PTK Banten telah banyak mendapat dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Dan di tahun ini, kami memberikan apresiasi terhadap PT. Telkom Indonesia dan yang telah konsisten meluncurkan program Konservasi Terumbu Karang selama tiga tahun berturut-turut di Pulau Badul dan Pulau Liwungan,” tambahnya.

Masih menurut Danlanal, sejak tahun 2021 hingga 2023, PT. Telkom bersama Laz Harfa telah menyumbangkan sebanyak 1.522 Rak Jaring Laba-Laba (jenis media tanam karang yang direkomendasikan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan) atau sekira 15.336 fragmen/biota karang untuk ditransplantasikan/dibudidayakan di kedua pulau tersebut.

Baca Juga  Banten Jadi Tuan Rumah Yonex Sunrise Double Special Championships 2023

“Dalam tiga tahun, PT. Telkom Indonesia sudah memberikan kontribusi besar pada masyarakat dengan program yang bertujuan untuk merehabilitasi terumbu karang yang rusak, karena diterjang gelombang tsunami pada desember 2018 silam,” ungkapnya lagi.

Kolonel (P) Laut, Dedi Komarudin juga mengatakan, bahwa penghargaan diberikan pula pada koordinator penggiat pelestari di Pulau Badul, Ruyadinata, warga Kampung Katapang, Desa Tunggaljaya, Kecamatan dan di Pulau Liwungan atas nama Mustamin, warga Kampung Cipanon, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang.

“Kepada pemililk Cottage & Resto Kampoeng Nelayan, Bapak Arisani kami juga memberikan apresiasi dan penghargaan karena telah menyediakan fasilitasi tempat untuk pemasangan papan informasi program Konservasi Terumbu Karang dan dermaganya sebagai gerbang pemberangkatan tim F-PTK & Laz Harfa Banten menuju titik lokasi transplantasi yang dilaksanakan paling sedikit satu bulan sekali,” ucapnya.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang Warnai Peringatan HUT RI Ke-77 

Sementara itu, empat jurnalis media massa cetak, elektronik dan online juga mendapatkan penghargaan dari F-PTK Banten, yakni Satelit News (cetak dan online), Radio Republik Indonesia (RRI) Banten, fajarbanten.com dan bingar.id serta dari Akademisi yakni Universitas Prima Graha (UPG) Serang.

“Pada prinsipnya, F-PTK Banten sangat menghargai peran sekecil apapun yang diberikan dalam mendukung GRTK. Ini semata-mata dilakukan agar orang atau Lembaga yang bersangkutan bertambah semangat dan pedulinya dalam upaya pelestarian terumbu karang,” pungkasnya. (Daday)