Dorong Peningkatan Kapasitas Usaha, Kemendag Anugerahkan Penghargaan UKM Pangan Award untuk 10 UKM Terpilih

oleh

Tangerang, 19 Oktober 2023 – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memberikan penghargaan UKM Pangan Award 2023 secara langsung kepada sepuluh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) terpilih hari ini, Kamis (19/10) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD).

Penganugerahan tersebut dilangsungkan di sela-sela penyelenggaraan Pangan Nusa 2023 dalam gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38.

Wamendag Jerry berharap, penghargaan UKM Pangan Award 2023 dapat mendorong pelaku UKM meningkatkan daya saing serta kapasitas usahanya. Penghargaan ini juga menjadi bukti Kementerian Perdagangan memberikan perhatian dan apresiasi pada pelaku UKM yang berkreasi dan berinovasi menghasilkan produk pangan yang berkualitas.

Turut hadir Vice President BRI, Bapak Asep Nugraha Sukma, Direktur Sustainability Development Danone Indonesia, Bapak Karyanto Wibowo, serta jajaran Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Perdagangan.
“Penghargaan UKM Pangan Award ini diharapkan dapat mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Kami berharap para pelaku usaha dapat memanfaatkan fasilitas dan akses program pendampingan, serta pelatihan dari Kementerian Perdagangan,” ujar Wamendag Jerry.

Penyelenggaraan UKM Pangan Award 2023 ini mendapat dukungan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Danone Indonesia. Masing-masing  pemenang  mendapatkan  dana  pembinaan  dari BRI  senilai Rp7.500.000,00 dan dari Danone Indonesia sebesar Rp10.000.000,00.

Baca Juga  Lima Belas WBP Lapas Kelas IIA Serang Hirup Udara Segar

Wamendag Jerry membuka kesempatan bagi para pelaku usaha yang ingin menyampaikan kendala dalam memulai usaha. “Kalau ada hambatan, sampaikan kepada kami. Tetap semangat dan teruskan apa yang sudah dilakukan. Jangan lupa, konsistensi harus menjadi prioritas,” tutur Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry juga menambahkan, pelaksanaan pameran Pangan Nusa 2023 dapat menjadi ajang promosi bagi pelaku usaha kuliner dan meningkatkan akses pasar. Hal ini karena penyelenggaraannya bersamaan dengan TEI ke-38 yang dihadiri buyer luar negeri.
“Selamat dan sukses kepada para pemenang UKM Pangan Award 2023. Semoga usaha Bapak dan Ibu semakin berkembang dan meluas pemasarannya baik di dalam, maupun di luar negeri,” pungkas Wamendag Jerry.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim menyebutkan, terdapat lima kategori produk yang dilombakan pada UKM Pangan Award 2023, yaitu Produk Bumbu Masakan/Bumbu Dapur, Produk Makanan Camilan, Produk Makanan Kemasan Siap Saji, Produk Minuman Kemasan, dan Kategori Khusus (Inovasi Produk Unggulan Daerah).  Total pendaftar sebanyak 1.134 pelaku UKM dari 31 provinsi se-Indonesia dengan 723 produk.

Baca Juga  Tia Rahmania Bantah Adanya Penggelembungan Suara di Pemilu 2024

Dari hasil penjurian tahap pertama, diperoleh 69 produk dari 47 pelaku UKM. Selanjutnya, pada penjurian tahap kedua, ditentukan 10 pemenang dari 5 kategori produk.
“Kami selaku panitia pusat UKM Pangan Award melakukan sosialisasi, verifikasi, dan validasi atas kelengkapan persyaratan pendaftaran yang diajukan para UKM. Selanjutnya, untuk penilaian produk, potensi pasar, dan kelayakan usaha para pendaftar dilaksanakan oleh dewan juri independen yang berasal dari lingkungan pemerintah, akademisi, ahli desain kemasan, konsultan pemasaran, praktisi dan pemerhati kuliner,” jelas Isy.

Sementara itu, Direktur Sustainability Development Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyampaikan rasa bangganya di mana Danone Indonesia telah menjadi bagian dari gelaran UKM Pangan Award 2023.

“Kami turut bangga dapat menjadi bagian dan mendukung gelaran UKM Pangan Award 2023 bersama Kementerian Perdagangan kali ini. Hal ini juga sejalan dengan peta jalan keberlanjutan kami melalui Danone Impact Journey di mana kami terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan, lingkungan, serta komunitas dan masyarakat di Indonesia. UMKM yang merupakan penggerak ekonomi nasional juga menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian kami. Melalui program DAMPING yang kami inisiasi sejak 2020, kami terus melakukan berbagai program pendampingan dan digitalisasi terhadap UMKM dan berharap agar sektor UMKM di Indonesia dapat menjadi lebih tangguh, inovatif, dan berdaya saing di kancah global sehingga dapat lebih memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional” ungkap Karyanto.

Baca Juga  Terpilih Kembali Menjadi Ketua PMI Pandeglang, Ini Yang Akan Dilakukan Gunawan

Daftar Pemenang UKM Pangan Award 2023

Kategori Produk Makanan Kemasan Siap Saji
1. Bebek dan Ayam Kampung Ungkep Frozen dari PT Yuksri Prima Indonesia
2. Bandeng Presto Jumbo dari Bolubollo

Kategori Produk Minuman Kemasan
1. Sila Artisan Tea – Dewi Sartika – Teh Premium – Red Tea dari Sila Agri Inovasi
2. Imago Rosewood Honey dari PT Imago Randau Harmoni

Kategori Produk Makanan Camilan
1. Pisang Goreng Shamiya Kepok Besar L dari Pisang Goreng Beku Shamiya
2. Bagea Tepispa dari Miss Putungo

Kategori Produk Bumbu Masakan / Bumbu Dapur
1.Sambal Dayak dari Taraban Sambal Dayak
2. Bumbu Pecel & Kerupuk Gendar dari Bumbu Pecel Bu Broto

Kategori Khusus (Inovasi Produk Unggulan Daerah)
1. Sirup Gula Arentim 360g (250ml) dari Natural Aren Koltim
2. Abon Jantung Pisang dari PT Dama Putra Sejahtera. (Rls)