Bangun Aplikasi SIPEDE, Desa Sukadame Teken MoU Dengan STISIP Banten Raya

oleh
Usai peluncuran aplikasi SIPEDE yang dilanjut dengan acara bimbingan teknis SIPEDE di Kantor Desa Sukadame, Pagelaran. Istimewa

FAJARBANTEN.CO.ID – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Banten Raya dan Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang, menandatangani perjanjian kerjasama, atau Memorandum of Understanding (MoU) tentang Tribhakti Perguruan Tinggi Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, yang dilaksanakan di Kantor Desa Sukadame, pada Senin 20 Februari 2023.

Perjanjian Kerjasama dua lembaga tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tahun 2023 dari Kelompok IV. Dimana dalam acara itu, hadir Bidang Kerjasama dan Kemitraan yang juga Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nazmudin, Budang IT STISIP Banten Raya, Candra Wiguna, Kepala Desa Sukadame, Asep Rizal Chudori, Perwakilan dari Dinas Komunikasi, Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Abdul Madjid Mustofa dan Herlambang Nur.

“Fokus dari kerjasama dengan Desa Sukadame ini adalah Pengelolaan website desa yang diintegrasikan dengan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Desa atau SI PEDE yang diinisiasi oleh mahasiswa KKM 2023 kelompok IV dibantu Bidang IT STISIP Banten Raya serta difasilitasi servernya oleh Diskomsantik Pandeglang,” jelas Nazmudin.

Dikatakannya juga, usai penandatangan kerjasama antara STISIP Banten Raya dengan Pemerintahan Desa Sukadame, acara pun dilanjutkan dengan launching atau peluncuran website dan aplikasi DIPEDE, yang sekaligus pelaksanaan Bimbingan Teknis tentang pada sejumlah aparatur desa, yang dibimbing langsung oleh Bidang IT STISIP Banten Raya, Chandra Wiguna.

Baca Juga  Diduga Manipulasi Nilai Mahasiswa, Pihak Unma Berhentikan Dekan Fakultas Hukum dan Sosial

Perwakilan Kelompok IV KKM 2023, Nunu Nurazizah, mengaku bila gagasan membangun website atau SIPEDE Sukadame tersebut, berawal dari kebutuhan yang saat ini sangat didambakan oleh aparat desa. Terutama dalam memenuhi tuntutan keterbukaan informasi publik, serta mendukung peningkatan kapasitas dan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Hasil asesmen kami pada minggu pertama KKM di sini, Desa Sukadame sangat menginginkan adanya wadah untuk menyajikan informasi. Atas dasar itulah, kemudian kami menindaklanjutinya dengan meminta dukungan dari IT STISIP Banten Raya dan dari Pemda Pandeglang, atau Diskomsantik,” ujar Nunu.

Baca Juga  Prediksi Hendropriyono Prabowo Gibran Menang Pilpres Ditanggapi Burhanuddin Muhtadi

Sementara itu, Kepala Desa Sukadame, Asep Rizal Chudori menegaskan, pihaknya siap mengelola hadiah berharga dari para Mahasiswa tersebut.

“Selama ini, kami sangat membutuhkan website untuk menyajikan data dan informasi terkait pembanguan di Desa Sukadame secara luas. Alhamdulillah, ternyata keinginan kami terkabul dengan kehadiran KKM dari STISIP Banten Raya. Atas nama pemerintah dan masyarakat, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada STISIP Banten Raya, khususnya para mahasiswa KKM Tahun 2023 ini,” ujar Kades Sukadame ini. (Daday)