Atlit BIN Bertekad Angkat Martabat Bangsa, Melalui Olahraga Di Kancah Dunia

oleh

Jawa Timur, Gresik- Tim olahraga Badan Intelijen Negara (BIN) akhir-akhir ini sering aktif diberbagai kejuaraan maupun kompetisi nasional berbagai cabang olahraga. Seperti halnya tim atletik yang diturunkan dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Jatim Terbuka 2023, sekaligus sebagai event Kualifikasi PON 2024 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Rabu (8/3/2023).

BIN turun langsung membina atlit nasional dalam meningkatkan prestasi olahraga di tanah air. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Cabang Atletik BIN, Deputi Intelijen Dalam Negeri BIN, Mayjend TNI Edmil Nurjamil SE., MM.

Pesan Ketua Cabang Atletik diteruskan oleh manager Atletik Yoannes Sri Harjono. “Tujuan dari BIN untuk membina serta meningkatkan prestasi berbagai cabang olahraga, termasuk atletik adalah untuk mengangkat martabat bangsa dan negara di mata dunia,” ujarnya, di Gresik, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga  Bank Banten Taat Hukum dan Hargai Setiap Penanganan Perkara Hukum

Deputi Intelijen Dalam Negeri berpesan, bahwa dengan peningkatan prestasi olahraga di daerah maupun pembinaan atlet potensial, bangsa Indonesia akan lebih disegani di kancah hubungan internasional.

“Oleh karena itu, BIN tampil di berbagai daerah untuk melakukan pembinaan atlet- atlet, agar mampu berprestasi secara optimal hingga di event-event internasional,” tegasnya.

Dibawah kepemimpinan Kepala BIN RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. H. Budi Gunawan, SH., M.Si, PhD yang juga selaku Ketua Umum Persatuan Olahraga BIN (POR BIN,red), membina berbagai cabang olahraga seperti Atletik, Bola Volley, Tenis Lapangan, Angkat Besi, Renang dan E-Sport.

Baca Juga  Ketiga Hotel Aston di Banten Perkenalkan Paket Spesial Halal Bi Halal untuk Berkumpul Bersama

Para atlet yang dibina oleh BIN nantinya akan membawa kebanggaan daerah asal, negara sampai tingkat dunia. Peningkatan prestasi ini salah satu sumbangsih BIN untuk negara dan bangsa,”ujar Yoannes yang akrab disapa Yoan.

Khusus tim atletik yang kini turun pada Kejurda di Gresik, Jawa Timur, BIN menerjunkan Tim Atletik BIN (Badan Intelijen Negara) yang telah mendapat medali emas dalam Kejuaraan Daerah Atletik Jatim Terbuka 2023.

Ada 9 (sembilan) atlit dalam Kejurda di Jatim kali ini terdiri dari 5 atlet putri dan 4 atlet putra, yang sebagian adalah atlet nasional dan atlet PON dari berbagai daerah.

Baca Juga  XL Axiata Raih 2 Penghargaan Berhengsi Internasional & Nasional

Pantauan SMSI, sebagian besar atlet yang bertanding dalam Kejurda Jatim masih belia, termasuk atlet nasional, Jeany Nuraini Amelia Agretha, “Dalam Kejurda hari ini kami meraih Juara 1 (satu) cabang lari 100 Meter Putri atas nama Erna Nuryanti, dengan catatan waktu 11.84 detik.

Selanjutnya peraihan Juara 3 (tiga) cabang lari 400 Gawang Putra atas nama Fathin Al-Ghazi, catatan waktu 54.87 detik.

“Kami yakin pada cabang lari 200 meter putri, 800 meter dan 1500 meter putra, akan menjadi juara” ujarnya. (Jiwa).