Anggaran Pokok Pikiran DPRD Pandeglang Dibelikan Domba

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Pandeglang mendapat bantuan pengadaan dalam bentuk hewan ternak jenis domba atau kambing. Bantuan domba tersebut berasal dari anggaran Pokok Pikiran (Pokir) DPRD Kabupaten Pandeglang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

“Totalnya ada 117 ekor domba yang disalurkan kepada kelompok tani. Bantuan domba itu berasal dari anggaran pokir atau aspirasi DPRD,” kata Wahyu Widayanti, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Kamis 19 Oktober 2023.

Wahyu menjelaskan, ratusan domba tersebut disalurkan kepada kelompok tani yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Ketiga kecamatan tersebut, yakni Banjar, Pandeglang, dan Carita.

Baca Juga  Dibuka Wamenkes, Perkemahan Bakti Nasional SBH VI Tahun 2023 Terlihat Bersih dan Apik  

“Ada tiga kelompok tani yang menerima bantuan domba di Kecamatan Banjar 80 ekor dengan rincian 64 ekor betina, dan 16 ekor jantan, di Kecamatan Pandeglang 17 ekor dengan rincian 14 ekor betina, dan 3 ekor jantan, serta Kecamatan Carita 20 ekor dengan rincian 16 ekor betina, dan 14 ekor jantan,” jelasnya.

Dengan adanya bantuan domba, Wahyu berharap, kelompok tani yang menerima bantuan untuk merawat domba dengan baik, sehingga bisa berkembang dengan baik. “Yang jelas bantuan itu diterima dengan baik, dan dikembangkan supaya tambah banyak dan pemerintah memberikan bantuan tidak sia-sia. Jika domba-domba itu dipelihara dengan baik, kita yakin bisa berkembang,” harapnya.

Baca Juga  Selamat Jalan Bang Rizal Ramli Ketua Dewan Pelindung APKLI Perjuangan, Cita-Citamu Mulia Kelak Maujud Di Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, Nasir M Daud mengatakan, bantuan domba yang bersumber dari anggaran Pokir DPRD Pandeglang sudah mulai disalurkan kepada kelompok tani. Bantuan domba diberikan sesuai dengan usulan yang disampaikan kelompok tani. “Ya, itu bantuan kambing dari Pokir DPRD, dan hari ini sudah mulai disalurkan ke kelompok tani,” kata Nasir.

Tidak hanya dari anggaran Pokir DPRD, kata Nasir, bantuan domba untuk para kelompok tani di Kabupaten Pandeglang juga ada yang bersumber dari Pemerintah Pusat. “Dari pokir APBD DPRD, sama ada juga bantuan dari Pusat BPMSPH (Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan) dengan total 25 ekor kambing, 23 ekor betina dan 2 ekor jantan,” katanya.

Baca Juga  Puncak HPN 2024, Presiden Jokowi: Belanja Iklan Pemerintah ke Insan Pers Ditingkatkan

Dengan adanya bantuan domba tersebut, Nasir berpesan, kepada kelompok tani untuk memelihara ternak yang diberikan dengan baik. “Harapan di mana petani atau peternak dapat memaksimalkan pemeliharaan agar domba-domba itu dapat segera bunting dan beranak untuk memberikan manfaat dan keuntungan bagi kelompok tani,” ujarnya. (Asep)