Akan ada Bazar Produk UMKM di Dies Natalis UBTH

oleh

Dies Natalis ke-1 mengusung tema “Bersatu Menyongsong Cakrawala Baru”. Dikatakan oleh Ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Ummy Mardiana, M.Si, bahwa tema tersebut mencerminkan pentingnya soliditas dan persatuan antar segenap warga Universitas dalam menghadapi era baru yang lebih menantang, sehingga kedepan Universitas BTH semakin mampu memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat luas.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ini akan diselenggarakan dari tanggal 6 hingga 15 Desember 2022, dengan puncak acaranya di tanggal 15 Desember 2022. Sebagian besar kegiatan yang akan diselenggarakan masih berkorelasi dengan Tridharma Perguruan Tinggi, serta berorientasi pada penguatan kolaborasi pentahelix, terutama kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) sebagai manifestasi program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM).

Rangkaian kegiatan Dies Natalis UBTH ke-1 tahun 2022 antara lain menyelenggarakan kuliah pakar, webinar, bazar, event perlombaan untuk SMA dan mahasiswa, jalan santai, sidang senat terbuka, orasi ilmiah dan pelantikan Rektor baru.

Baca Juga  Peran Penting Pemprov Banten dalam Upaya Peningkatan Penyandang Disabilitas

Bazar menjadi salah satu kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat yang lebih diorientasikan pada pengenalan produk-produk UMKM lokal . Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Universitas BTH dalam menjalankan peran pemberdayaan masyarakat, sekaligus sebagai wahana menguatkan kemitraan dengan dunia usaha, sebagai salah satu aspek yang mendukung implementasi program MB-KM.

Kegiatan Bazar yang dijadwalkan tanggal 14 Desember 2022 akan dilaksanakan di kawasan kampus Universitas BTH, yang akan diikuti oleh mahasiswa dan pelaku UMKM Tasikmalaya.

“Kegiatan Bazar akan dihadiri oleh 40 stand kuliner dan fashion, dimana stand kuliner ini merupakan salah satu dari member kuliner hits di Kota Tasikmalaya yaitu Mambo Kuliner Nite yang biasanya ada di setiap malam minggu. Selain itu juga stand yang lainnya pun merupakan produk UMKM hits yang selalu hadir di Car Free Day Kota Tasikmalaya yang tentunya sangat menarik perhatian masyarakat”, kata Koordinator Bazar, Amelia Amanda Putri.

“Macam menu pilihan yang bisa ditemukan di Bazar nanti cukup variatif, dari mulai olahan daging, makanan ala Turki, minuman hits Tasikmalaya dan makanan ala ala korea. Masyarakat sekitar kampus UBTH juga diundang untuk ikut meramaikan acara Bazar nanti yang pada pagi hari nya pukul 06.30 WIB akan diramaikan oleh acara Jalan Santai. Jalan Santai tersebut akan diikuti seluruh civitas akademika UBTH dan masyarakat umum dengan berbagai doorprize yang sangat menarik senilai total puluhan juta rupiah.

Baca Juga  Camat Panggarangan Kunjungi PT Suda Miskin untuk Pererat Silaturahmi

Adapun rincian kegiatan Dies Natalis ke-1 Tahun 2022 Universitas BTH adalah sebagai berikut:

6 Desember: Kuliah Pakar “State of the Art of Current Science and Practice”
10 Desember: Webinar Program Studi Administrasi Rumah Sakit
12 Desember: Lomba Murottal Al-Qur’an, Character Building & Fun Experience
13 Desember: Seminar nasional dan diseminasi hasil penelitian
14 Desember: Jalan santai, pengumuman lomba-lomba, Bazar dan Final band competition antar pelajar SMA/MA/SMK dan mahasiwa.
15 Desember: Sidang senat terbuka, orasi ilmiah dan pelantikan rektor.

Baca Juga  Tri Adhianto Apresiasi Peserta Grand Final Standup Comedy Competition

Selain kegiatan bertema akademik, Dies Natalis juga melibatkan partisipasi dari kaum pelajar SMA/MA/SMK se-kota dan kabupaten Tasikmalaya dalam beberapa event perlombaan, dari mulai Murottal Al-Qur’an, fotografi dan video, desain maskot hingga kompetisi band. Kegiatan tersebut sekaligus digunakan sebagai wahana membangun kedekatan antara Universitas BTH dan kalangan pelajar SMA/MA/SMK, mengingat masa pendaftaran mahasiswa baru UBTH sudah mulai dibuka, yang informasi lengkapnya terdapat di laman https://admisi.universitas-bth.ac.id/.

Keseluruhan rangkaian kegiatan Dies Natalis tersebut sebagian besar diselenggarakan di lingkungan kampus Universitas BTH Tasikmalaya, dengan sasaran lebih dari 3.000 peserta baik dari internal maupun eksternal Universitas BTH, meliputi seluruh civitas akademika Universitas BTH dan semua pegawai di bawah Yayasan BTH, kalangan pelajar SMA/MA/SMK se-kota dan kabupaten Tasikmalaya, seluruh mitra Universitas BTH dan masyarakat umum. Kegiatan ini juga akan dihadiri oleh para tamu undangan dari unsur pemerintah daerah, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, awak media, organisasi dan komunitas sosial.