Minta Warga Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Airin Aspirasikan Pemekaran Daerah di Lebak

oleh

Fajarbanten.co.id – Bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Senin (14/10/2024). Airin menyampaikan kekaguman atas segala potensi daerah Provinsi Banten bagian selatan ini.

Bahkan secara khusus, selaku mantan ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Airin ingin menyampaikan pesan khusus kepada pemerintah pusat. Antara lain salah satunya, soal pemekaran daerah Kabupaten Lebak.

“Saya sudah berkeliling di Kabupaten Lenak, hingga ke bagian selatan. Saya melihat potensi yang luar biasa. Salah satu solusi pemerataan pembangunan di Lebak, perlu pemekaran daerah,” kata Airin.

Baca Juga  Warga Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Paket Sembako Gratis

Airin mengaku pernah berkunjung ke daerah suku Baduy di Kecamatan Leuwidamar. Ia pun pernah melihat langsung keindahan Pantai Sawarna di Kecamatan Bayah. “Begitu kuat budaya dijunjung di Baduy. Begitu indah wisata pantai di Kabupaten Lebak. Daerah yang punya potensi pariwisata yang luar biasa,” ujarnya.

Airin menyinggung pelantikan presiden-wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran yang tinggal menghitung hari. Ia meminta masyarakat mendukung penuh pemerintahan yang baru nanti. “Mari kita sambut pemimpin baru Indonesia dan kita yakin Indonesia maju akan tercipta,” ujarnya.

Airin mengaku jika terpilih menjadi gubernur Banten bersama Ade Sumardi, akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar moratorium pemekaran daerah bisa dicabut. Apalagi kata dia, Ade Sumardi adalah calon wakil gubernur yang berasal dari Kabupaten Lebak yang sangat memahami potensi dan solusi pembangunan daerah.

Baca Juga  Petugas Lapas Kelas I Palembang Dilatih Menembak

“Kita berharap, pemekaran daerah bisa kembali dibuka. Salah satunya harus ada pemekaran daerah di Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Kabupaten Cilangkahan layak dibentuk,” ujar Airin.

Airin sendiri pernah memimpin daerah pemekaran baru yakni Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kini Tangsel menjadi daerah maju atau metropolitan. “Kuncinya adalah kebersamaan, antara pemerintah daerah dan masyarakat. Kita harus mampu menjamin investasi dengan baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Kita punya visi Banten Maju Bersama,” ujarnya.

Baca Juga  Majelis Adat Kerajaan Nusantara Kunjungi Mabesad

Mantan walikota Tangsel ini juga menilai, perlu optimalisasi pembangunan poros desa di Kabupaten Lebak. “Jika kita mampu memperbaiki maksimal jalan poros desa, aksesibilitas ekonomi dan sosial akan sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Jaringan keluarga besar Komitmen Bersama (Jangkar KB) Jeni Marjuki sependapat dengan Airin. Perlu pemerataan pembangunan di Kabupaten Lebak. “Saya dari daerah Lebak bagian selatan, sangat ingin pemekaran daerah dan dibentuk Kabupaten Cilangkahan,” ujarnya.(*/yogi)