Wanita Islam Bergerak Maju Bersama UMKM Muslimah Melalui Program Jariyah Fund Bunda Wakaf Wanita Islam

oleh

Sabtu, 2 Juli 2022, Bertempat di Ruang Nusantara V Gedung komplek MPR DPR DPD Republik indoneisa, Wanita Islam meyelenggarakan perayaan Puncak Milad ke 60 Wanita Islam. Perayaan ini diikuti oleh 500 lebih pimpinan dan anggota Wanita Islam dari Sabang sampai Merauke. Hadir juga ketua Kowani dan Pimpinan Organisasi Muslimah tingkat pusat. Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan hadir memberi sambutan dan sekaligus melakukan Peluncuran Program Jariyah Fund Bunda Wakaf Wanita Islam. Sebuah program yang berorientasi pada pemberdayaan UMKM Muslimah, yang bersembyan No Riba, No Denda.
Sudah 60 tahun Wanita Islam mengabdi, berbakti, berkiprah, dan berkhidmat untuk negeri yang kita cintai. Wanita Islam sebagai salah satu organisasi wanita di Indonesia berada di 34 provinsi yang terdiri dari Pengurus Pusat sampai ranting yang tersebar di seluruh Indonesia. Eksistensi organisasi diharapkan terus berkelanjutan dengan program yang nyata di tengah masyarakat. Sebagai sebuah bentuk rasa syukur atas kiprah perjuangan ini, maka pada hari ini kita memperingati hari lahirnya Wanita Islam yang ke 60 dengan beberapa kegiatan dari mulai dari Sosialisasi Kebijakan Pengurus Pusat, literasi dan edukasi Bunda Waqaf, Lomba Vlog Bunda Wakaf, Lomba Paduan Suara serta Lomba Video Profil Lembaga. Pada acara Puncak Milad 60 tahun Wanita Islam memberikan penghargaan Ayah dan Bunda Teladan.

Baca Juga  Rutan Serang Gelar Kerja Bakti Bersihkan Taman Pahlawan Nasional

Bunda Wakaf Wanita Islam merupakan program Gerakan Wakaf Uang Online yang dilakukan oleh yang digagas oleh Pengurus Pusat Wanita Islam. Program Bunda Waqaf Wanita Islam memcahkan Rekor Muri atas kategori “Waqaf Uang Serentak secara Daring Pertama menggunakan QRIS”. Pada Resepsi Milad 60 Tahun Wanita Islam pada tahun ini bergerak kembali dalam “Jariyah Fund : swadana, swa kelola dan swasembada, memberikan solusi bagi UMK untuk naik kelas tanpa Riba tanpa Denda.” Alhamdulillah Pimpinan Pusat Wanita Islam telah lulus Nazhir bersertifikat dari Badan Wakaf Indonesia (BWI) yang ke depannya bisa dikelola secara mandiri berkaitan managemen Bunda Wakaf Wanita Islam sehingga organisasi memiliki pendanaan yang kuat dan menyejahterakan anggotanya untuk meberikan dampak yang nyata di masyarakat sesuai Visi dan Misi organisasi.

Baca Juga  Peduli Jurnalis, Alfamart Berikan Bingkisan Ke PWI Kota Tangerang

Untuk berpartisipasi dalam wakaf uang tunai secara online menjadi kian mudah karena masing – masing wilayah Bunda Wakaf Wanita Islam memiliki link QRIS.
Bunda Wakaf Wanita Islam diundang dalam event G20 untuk mempresentasikan Bunda Wakaf sebagai salah satu solusi untuk menggerakkan UMKM yang bebas riba. Pelaku usaha yang sebagian besar perempuan menjalankan UMKM sekitar 43.45% dan terdapat sejumlah asosiasi dan komunitas pelaku usaha berbasis perempuan maka pada tanggal 12 Agustus yang merupakan hari UMKM Nasional akan diselenggarakan 1st Conference on Women and Sharia Community Empowerment.

Baca Juga  PUB dan Lantip Berikan Bantuan Untuk Korban Gempa Pandeglang

Mengingat begitu penting dan luasnya manfaat dari program Bunda Wakaf dan Jariyah Fund maka Tugas Bunda wakaf Wanita Islam sebagai Duta Wakaf harus terus semangat untuk melakukan Literasi dan edukasi wakaf kepada anggota Wanita Islam dan masyarakat secara luas, agar masyarakat tercerahkan dan memahami bahwa wakaf bisa menjadi kekuatan ekonomi masyarakat Indonesia, jika dilakukan dengan penuh amanah dan tanggung jawab.