Viva Yoga Sebut Karakter KSAD Dudung Mirip Tokoh Batara Guru dalam Pagelaran Wayang Orang Pandawa Boyong

oleh

Jakarta – Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi memberikan apresiasi kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memerankan tokoh pewayangan Batara Guru dalam pegelaran Wayang Orang Pandawa Boyong di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Sosok Jenderal Dudung dianggap tepat memerankan Batara Guru.

“Batara guru itu kan seorang resi (guru), kan yang selalu memberikan nasehat-nasehat untuk kebaikan, menamkan nilai-nilai moralitas gitu,” ujar Viva saat dihubungi wartawan, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga  Komisi IV DPRD Kota Bekasi Minta Pemkot Bekasi Buat Kebijakan Populis Dunia Pendidikan

Menurut Viva, sosok Batara Guru dianggapnya mencermikan karakter, ketegasan, keberanian, kebaikan, kejujuran kepemimpinan Jenderal Dudung yang sebenarnya.

“Pak Dudung menjalankan tugasnya dengan kebaikan, kebenaran untuk bangsa dan negara. Bagus, kan,” kata Viva.

Karena itu, Viva juga menambahkan bahwa Pak Dudung adalah Pemimpin TNI AD yg dicintai Prajuritnya dan orang islam yg taat dan bersahaja, pak Dudung orang baik,” tambahnya.

Baca Juga  Kapolsek Malingping Kompol Eko Widodo Menghimbau Warga Ikut Vaksinasi

Viva berharap pertunjukan wayang terus disemarakkan karena wayang merupakan budaya nasional dan bangsa. Jika pegelaran wayang terus dilestarikan maka hal itu merupakan program yang positif dan layak didukung semua kalangan.

“Jadi harus dilestarikan, harus sering-sering mengadakan pegelaran (wayang). Itu adalah program yang baik agar budaya bangsa lestari karena ada lokal wisdom melalui seni budaya lokal, sebagai media untuk memberikan nilai-nilai moral dan etika buat anak didik kita,” pungkas Viva.