Ungkap Kematian 15 Ekor Badak di Kawasan TNUK, HMI Akan Gelar Demo Besok

oleh
Agung, HMI cabang Pandeglang

Fajarbanten.co.id – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Pandeglang berencana menggelar aksi demonstrasi
di depan Kantor Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang-Banten. Adanya dugaan kelalaian hilangnya 15 ekor Badak Jawa di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, pada esok hari, kamis 11 Januari 2024.

” Iya, hari Kamis besok kita berencana aksi di Kantor BTNUK, jadwalnya sekita jam 13.00 WIB,” kata Kordinator Lapangan Agung Lodaya kepada fajarbanten.co.id, Rabu 10 Januari 2024.

Disatu sisi lain, HMI cabang Pandeglang telah mengajak para komisariat untuk bergabung menggelar aksi demonstrasi adanya dugaan permainan oknum BTNUK atas hilangnya 15 ekor Badak Jawa.

“Kita sudah lakukan konsolidasi dengan komisariat, sekitar 100 orang yang akan turun dengan Grand Issue Selamatkan Kawasan Konservasi TNUK,”kata Agung.

Menurutnya, aksi ini sebagai bentuk protes mengingat populasi badak saat ini terbilang menurun, sehingga pihak BTNUK harus bertanggung jawab dan menjelaskan ke publik atas kematian 15 ekor badak.

Baca Juga  Pj Gubernur Banten Al Muktabar Sampaikan Jawaban Atas Tanggapan Fraksi Terhadap Pengantar Raperda Perubahan APBD TA 2023

“Saat ini kita belum mendengar penjelasan dari pihak Balai, penyebab kematian 15 ekor badak, sehingga kita menilai ada dugaan kuat oknum BTNUK yang lalai menjaga habitat badak,”katanya.

“Kita pastikan aksi demontrasi ini dilakukan secara damai dan tidak anarkis,”tegasnya. (Asep)