Renjani KKM Untirta Bangun Generasi Emas Sadar Pajak 2045

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Relawan Pajak Untuk Negeri (Renjani) bersama dengan ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam KKM Tematik 1 LPPM Untirta, melakukan kegiatan edukasi perpajakan dalam Program Kerja yang dilaksanakan. Kegiatan ini dilakukan secara masif di Provinsi Banten dan berfokus kepada Inklusi Kesadaran Pajak untuk Pelajar SD, SMP dan SMA.

Kegiatan kolaborasi antara Tax Center Untirta, LPPM Untirta, Kanwil DJP Banten dan juga Pertapsi Pusat ini dilakukan selama periode KKM yaitu tanggal 11 Januari- 12 Februari 2024. Tentunya hasil yang diharapkan adalah saling bahu membahu mengedukasi sadar pajak sejak dini untuk menciptakan generasi emas sadar pajak tahun 2045.

Menurut Asih Machfuzhoh, ketua Tax Center Untirta, Kegiatan Inklusi Pajak ini merupakan program rutin tahunan Untirta dengan melakukan edukasi sadar pajak kesekolah-sekolah. “Untuk tahun ini, program tersebut dilakukan dengan menjalin sinergi antara LPPM Untirta, Kanwil DJP Banten dan juga Pertapsi Pusat. Renjani KKM Untirta ini berada dibawah naungan program KKM tematik LPPM Untirta. Mereka diberikan pembekalan terlebih dahulu dalam melaksanakan program inklusi pajak ini. Kanwil DJP Banten memberikan support terkait konten materi yang dibawakan oleh para Renjani Untirta, dan Pertapsi Pusat memberikan arahan dan motivasi untuk Tim tax Center dan Renjani KKM ini bahkan terdapat bantuan buku komik sadar pajak untuk pelajar terbaik dalam program tersebut,” ujar Asih Machfuzhoh.

Baca Juga  Muzani: Prabowo Siap Libatkan UMKM seperti Warteg untuk Pemenuhan Program Makan Siang Gratis

“Selain Inklusi Kesadaran Pajak, untuk para guru juga disampaikan Sosialisasi Pemadanan NIK menjadi NPWP, Sosialisasi Pengisian SPT Tahunan, dan juga Sosialisasi terkait UMKM, baik dari segi perpajakan maupun kebutuhan UMKM agar UMKM dapat tumbuh dan berkembang dengan bantuan Mahasiswa Renjani.” imbuh Asih.

Sementara itu, Meutia selaku Ketua LPPM Untirta, menyatakan mendukung kegiatan Renjani KKM ini. Meutia menyampaikan bahwa program ini akan banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, dari  pelajar untuk program inklusi kesadaran pajak, UMKM dan juga Masyarakat umum.

Baca Juga  M. Rian Ali Akbar, S.H. dipercayakan untuk menahkodai DPC KAI Kota Bandar Lampung dengan masa bakti 2024-2029.

“Kegiatan ini juga bukti nyata LPPM Untirta ikut mengambil peran menciptakan generasi emas sadar pajak,” kata Meutia. Senada dengan Mutia, Mukhtar,Phd selaku Kepala Pusat Pengelola Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Untirta, mengapresiasi kegiatan Renjani KKM tersebut.

“Kedepannya program ini akan menjadi program seluruh peserta KKM untuk memasukkan program edukasi dan sosialisasi dibidang perpajakan,” tandas Mukhtar. ***