Puluhan Warga Pandeglang Dapat Pengobatan Mata Gratis

oleh

Fajarbanten.co.id – Kurang lebih sebanyak 40 warga Pandeglang mendapatkan pengobatan mata secara gratis oleh tim dokter Klinik Mata Utama Saruni Kabupaten Pandeglang yang bekerjasama dengan PT Erlangga Edi Laboratories (Erela).

Ketua Pelaksana Kegiatan Operasi Mata Katarak, dr. Barriu Hafidh Pramono Sp.M mengatakan, kegiatan Baksos dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka kebutaan akibat katarak bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi angka kebutaan akibat katarak di Kabupaten Pandeglang. Kita mengucapkan terimakasih kepada PT Erela yang sudah mau bekerjasama dengan kita,” katanya, Sabtu (27/1/2024).

Baca Juga  Pj Sekda Virgojanti: Pemprov Banten Terus Upayakan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Anak

Menurutnya, klinik utama mata saruni tidak hanya kali ini saja menggelar kegiatan bakti sosial tersebut. Melainkan, sudah banyak kegiatan yang dilaksanakan. Bahkan, klinik utama mata saruni juga sudah menerapkan pelayanan menggunakan BPJS atau bantuan yang dialokasikan dari Baznas.

“Kalau di klinik mata saruninya sudah sering menggelar baksos. Iya kita sudah menerapkan pelayanan yang bisa mendaftar menggunakan BPJS atau yang tidak tercaver BPJS bisa melalui Baznas,” katanya.

Sementara itu, perwakilan PT. Erela, dr. Andriani T. Larosa mengapresiasi atas langkah dari Klinik Utama Mata Saruni dalam menggelar kegiatan Baksos tersebut. Dia menyebut, antusiasme masyarakat begitu tinggi untuk hadir di kegiatan tersebut.

Baca Juga  Mertua Kaesang: Gelar Rapimnas Khusus KAI Menangkan Prabowo Gibran Satu Putaran Pilpres 2024

“Luar biasa sekali masyarakat yang hadir untuk ikut operasi mata begitu banyak, karena memang dari klinik sudah ada info ke kita bakal ada kegiatan baksos,” katanya.

Menurut dia, selama 59 tahun PT. Erela bergerak di bidang kegiatan bakti sosial. Yang mana, CSAR yang dihasilkan pihaknya salurkan untuk mengcover pasien yang tidak terdaftar pada peserta BPJS.

“Sudah hampir kurang lebih 59 tahun kita fokus di kegiatan bakti sosial khususnya di bidang kesehatan. Dimana CSAR kita salurkan untuk membantu pasien-pasien yang memang tidak masuk ke peserta BPJS,” katanya.

Baca Juga  Muzani Minta Kader dan Relawan Tidak Jumawa Lihat Hasil Survei Prabowo yang Hampir Capai 50%

Sementara itu, Kepala Bidang Yankes pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Samsudin mengapresiasi atas langkah konkret yang dilakukan oleh Klinik Utama Mata Saruni. Soalnya, dengan adanya kegiatan tersebut dinilai membantu mengurangi angka kebutaan akibat katarak di Kabupaten Pandeglang.

“Sangat membantu terhadap masyarakat Kabupaten Pandeglang apalagi ini menjadi salah satu tempat kesehatan yang bisa begitu representatif,” katanya.(Iman)