Prodi Kewirausahaan UBTH Perkuat Kolaborasi Dengan Seluruh Prodi Kewirausahaan Se-Tanah Air Lewat Rakornas APSKI 2023

oleh

Bandung – Rakornas Aliansi Program Studi Kewirausahaan Indonesia (APSKI) 2023 digelar di Bandung dari tanggal 29-31 Mei 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 59 Program Studi Kewirausahaan dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Agenda Rakornas yang diselenggarakan di Kampus BINUS Bandung dan SBM ITB ini juga diisi dengan The 1st APSKI International Conference on Entrepreneurship (APSKI-ICE) dan Sarasehan Kewirausahaan Nasional yang berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM.

Dalam Rakornas tersebut, Prodi S1 Kewirausahaan Universitas Bakti Tunas Husada (UBTH) berpartisipasi aktif sebagai salah satu Co-Host bersama beberapa Perguruan Tinggi lain yang juga menjadi tuan rumah, seperti ITB, Binus, UPI, Universitas Brawijaya dan lainnya.

Baca Juga  Piter Abdullah Sarankan Semua Pihak Terima Hasil Pilpres dan Laksanakan Rekonsiliasi Nasional

Kaprodi S1 Kewirausahaan, Moh. Ikhsan Kurnia, S.Sos., MBA, yang mewakili Universitas BTH dalam Rakornas APSKI 2023 ikut aktif memberikan gagasan dan saran terkait dengan program-program APSKI kedepan setelah terpilihnya Pimpinan Pengurus Pusat APSKI yang baru.

“Kami Prodi Kewirausahaan UBTH siap aktif menjadi anggota senat APSKI dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholders untuk mencetak wirausaha-wirausaha muda, terutama di Tasikmalaya dan Jawa Barat pada umumnya”, ujar Ikhsan.

Baca Juga  Meriahkan HUT ke-7, SMSI Sultra Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Selain itu, Ikhsan juga terlibat dalam Focus Group Discussion yang bertugas memberikan rekomendasi dan masukan terhadap Perpres No. 2 tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional, yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

Dalam kesempatan tersebut Ikhsan menyampaikan bahwa kolaborasi pentahelix sangat dibutuhkan, terutama antara Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional dan Prodi Kewirausahaan di Perguruan Tinggi, sehingga tercetak well-educated entrepreneurs. Ia juga menekankan pentingnya pemerataan akses kesempatan menjadi wirausaha, sehingga anak-anak muda di desa juga memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang tinggal di kota.

Baca Juga  Anggota DPD RI Sultan Tidore Husain Sjah : Pemuda Harus Menjadi Lokomotif Pembangunan Dan Agen Perubahan

UBTH menjadikan Rakornas APSKI sebagai wahana membangun jejaring untuk kolaborasi yang lebih luas. “Insya Allah selain kami akan aktif sebagai anggota senat APSKI, kami juga akan segera menindaklanjuti hubungan baik dengan Pergiruan Tinggi lain dalam bentuk MoU dan MoA. Sehingga kerjasama kita lebih konkrit dalam jangka panjang”, ujar Ikhsan.