Presiden Jokowi Resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Blora

oleh

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan sejumlah ruas jalan di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Selasa, 23 Januari 2024. Presiden mengatakan bahwa ruas jalan yang diresmikan merupakan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah Tahun 2023.

“Hari ini saya resmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah ruas Jalan Purwodadi-Wirosari-Blora, Wulung-Klatak, dan Randublatung-Getas di Kabupaten Blora semuanya dari anggaran Inpres Jalan Daerah,” ujar Presiden dalam sambutannya saat peresmian.

Presiden menjelaskan bahwa pada tahun 2023, pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp14,6 triliun untuk Inpres Jalan Daerah. Anggaran tersebut dibagi ke beberapa provinsi di Tanah Air untuk melaksanakan pembangunan jalan.

Baca Juga  Salam Komando BSI & KERIS Untuk Kemajuan Ekonomi Rakyat - Kesetiaan Gajah Mada Ke Raja Majapahit

“Provinsi Jawa Tengah mendapatkan Rp1,36 triliun dan khusus Kabupaten Blora mendapatkan anggaran Rp257 miliar, besar sekali,” ungkap Presiden.

Presiden pun mengapresiasi ruas jalan yang dibangun saat ini memiliki kualitas yang lebih baik. Meski mengeluarkan anggaran yang lebih mahal, Presiden berharap jalan tersebut dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang.

“Pembangunannya tidak diaspal tetapi dibeton meskipun harganya lebih mahal tetapi kita pilih beton karena lebih awet dan lebih panjang umurnya,” ucap Presiden.

Yani, salah seorang warga sekitar mengaku telah merasakan manfaat nyata dari ruas jalan tersebut. Menurut Yani, jalan yang tadinya berlubang dan memiliki genangan saat hujan, kini sudah baik.

“Alhamdulillah senang banget, mulanya dari lubang-lubang sekarang bagus, enak, gak genang-genang air kalau hujan, jadinya ya senang lah,” tutur Yani.

Baca Juga  Perdalam Ilmu Agama, WBP Rutan Bangil Dibekali Ilmu Fiqih

Senada, Munarsih yang memiliki warung di sekitar ruas jalan tersebut juga mengakui warungnya kini menjadi lebih bersih. Sebelum diperbaiki, ruas jalan tersebut dinilai sangat berdebu saat musim kemarau.

“Masyarakat di sini sangat senang sekali yang tadinya debu yang mengganggu lingkungan akhirnya sekarang dengan adanya pembangunan ini masyarakat di sekitar sini itu merasa senang sekali. Warung ramai, warungnya tidak banyak debu yang tadinya rumah, warung, semua warung banyak debu,” ucap Munarsih.

Sementara itu, Muhammad Zuhri seorang pengguna jalan juga telah merasakan manfaat dari pembangunan ruas jalan tersebut. Menurutnya, ruas jalan tersebut saat ini dilengkapi pembatas jalan yang meningkatkan keamanan bagi para pengguna jalan.

Baca Juga  Deteksi Dini Penyakit, Lapas Perempuan Tangerang Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

“Alhamdulillah mulus, jadi pakai sepeda motor bisa di sebelah kiri garis putih ini biar aman dari truk kontainer, bus malam yang rawan kecelakaan. (Sebelumnya) paling pembatas cuma di tikungan ini saja yang ada pembatas,” ujar Muhammad Zuhri.
Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Bupati Blora Arief Rohman.