Perumdam Tirta Berkah Pandeglang Terus Berupaya Wujudkan Pelayanan Prima

oleh
Bupati Pandeglang, Irna Narulita bersama Dirut Perumdam Tirta Berkah Pandeglang, Euis Yuningsih dan jajaran direksi, saat poto bersama di acara HUT Perumdam ke 33 Tahun. Istimewa

FAJARBANTEN.CO.ID – Guna memberi dan memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggannya, Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Berkah Pandeglang, selama satu tahun kepemimpinan Euis Yuningsih selaku Direktur Utama (Dirut), terus melakukan berbagai pembenahan, serta peningkatan kualitas menuju pelayanan prima.

Seperti halnya penggantian, atau peremajaan pipa saluran sepanjang 2.494 meter, sebagai upaya optimalisasi pelayanan air bersih kepada pelanggan, meningkatnya jumlah pelanggan yang saat ini telah mencapai 21.845 sambungan rumah (SR) yang tersebar di 58 desa dan 23 kecamatan.

“Banyak upaya telah kita lakukan selama satu tahun terakhir ini, guna memaksimalkan pelayanan kita terhadap para pelanggan. Mulai dari perbaikan pipa bocor, pembelian mesin pomp, hingga pergantian pipa saluran sepanjang 2.494 meter, agar pasokan air bersih pada pelanggan bisa optimal hingga 24 jam,” ungkap Euis, Jumat 24 Februari 2023.

Baca Juga  Diminta Tingkatkan Kinerja, Dadi Suryadi Disahkan Jadi Dirut BPR Serang

Dirut Perumdam Tirta Berkah Pandeglang ini pun melanjutkan, selain peningkatan kualitas pelayanan, Perumdam Tirta Berkah pun mengalami peningkatan pendapatan pendapatan cukup tinggi, yang diperoleh dari 21.845 pelanggan.

“Alhamdulilah, selama tahun 2022 kemarin, perolehan Laba yang kita (Perumdam Tirta Berkah-red) dapat cukup baik, dari Tahun Buku 2021, sebesar Rp1.276.809.937, menjadi Rp2.356.576.994, atau mengalami kenaikan kurang lebih sekitar Rp1 milyar,” tambahnya.

Berdasarkan laporan keuangan Perumdam Tirta Berkah Pandeglang sesuai SAK ETAP baik dari BPKP maupun KAP mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2023 mendapat kriteria wajar tanpa pengecualian (WTP). Dengan Laporan akumulasi kerugian dari mulai berdirinya perusahaan sebesar Rp11.466.867.428 turun menjadi Rp9.110.290.434.

Baca Juga  PLN Gelar Mudik Bersama BUMN 2024, Begini Cara Daftar dan Tahapannya

“Tahun 2023 ini akan kita bayarkan lagi sebesar Rp3 Miliar. Jadi di 2024 nanti tersisa Rp6 Miliar dan tentunya terus secara bertahap akan kita lunasi,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita, dalam sambutannya pada saat Hari Jadinya yang ke 33 tahun, sangat mengapresiasi kinerja Perumdam Tirta Berkah selama ini, terlebih dalam di tahun-tahun ini, yang telah bertransformasi dari manual ke digital.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja kawan-kawan kita yang ada di Perumdam Tirta Berkah Pandeglang ini. Dimana sektor pelayanannya terhadap pelanggan, mulai meningkat drastis dan luar biasa, dari yang semula manual, kini sudah beralih ke digital. Sehingga akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi maupun jumlah tagihan,” ungkap Irna.

Baca Juga  Terpilih Jadi Anggota DPRD Kota Serang, Sofa Bela Mulia Siap Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Irna mengaku, bangga dengan capaian keberhasilan dari kinerja Perumdam di bawah kepemimpinan Direktur Perumdam Tirta Berkah, Euis Yuningsih. Serta meminta kepada seluruh jajaran Perumdam terus dapat meningkatkan inovasi dan kreatifitasnya.

“Sebab ini berkaitan dengan pelayanan air bersih kepada pelanggan. Perusahaan daerah harus punya visi, yaitu menjadi perusahaan daerah yang sehat memberikan pelayanan prima,” tutupnya. (Daday)