Peringati Hari Rabies Sedunia, Ratusan Hewan Penular Rabies Divaksinasi Massal

oleh

fajarbanten. co.id – Dalam rangka memperingati hari rabies sedunia Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang menggelar vaksinasi masal secara gratis bagi Hewan Penular Rabies (HPR) di Puskeswan Pandeglang, Sabtu (7/10/2023).

“Hari ini kami melaksanakan vaksinasi rabies gratis di Puskeswan Pandeglang bertepatan dengan puncak acara peringatan Hari Rabies Sedunia yang digelar serempak di seluruh Puskeswan se-Indonesia,” kata Kepala DPKP Kabupaten Pandeglang Nasir, usai membuka acara rangkaian puncak peringatan Hari Rabies Sedunia, didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Wahyu Widyawati dan Kepala UPT Puskeswan Ade Setiawan.

Dihadapan puluhan pemilik hewan kesayangan yang antusias berdatangan, Nasir mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi warga Pandeglang yang hendak mendapatkan pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan Pandeglang.

“Dengan divaksin rabies diharapkan penularan dan penyebaran penyakit rabies yang dibawa hewan penular rabies di Kabupaten Pandeglang dapat dicegah.” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Nasir berharap warga Pandeglang dapat memanfaatkan keberadaaan Puskeswan Pandeglang yang saat ini sudah lebih representatif.

“Sekarang Kabupaten Pandeglang sudah memiliki empat Puskeswan yang tersebar di Kadupereng Kecamatan Karangtanjung, Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes, Labuan dan Cibaliung,” ujar Nasir

Sementara itu Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, Puncak perayaan Hari Rabies Sedunia pada Sabtu 7 Oktober 2023 di Puskeswan Pandeglang disambut antusias warga Pandeglang. Sebanyak seratusan ekor Hewan Penular Rabies dibawa pemiliknya ke Puskeswan Pandeglang untuk diberi vaksin rabies secara gratis.

Baca Juga  Bupati Serang Raih Anugerah PWI 2024

“Kegiatan hari ini rangkaian terakhir pelaksanaan vaksinasi rabies massal yang dilaksanakan di Puskeswan Pandeglang. Kami menyediakan 100 dosis vaksin rabies untuk disuntikan secara gratis pada hewan penular rabies yakni anjing dan kucing,” kata Ade.

Ia menjelaskan, selama bulan September 2023 Puskeswan Pandeglang telah melaksanakan aksi vaksinasi rabies massal di wilayah kerja Puskeswan Pembantu. Hasilnya, sebanyak 80 ekor anjing, 6 ekor monyet dan 4 ekor kucing telah divaksinasi rabies di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Cibaliung.

Baca Juga  Puskesmas Kelapa Gading Jadi Pemenang Konvensi Muta Bidang Kesehatan Jakut 2022

Sebanyak 94 ekor anjing, 2 ekor monyet dan 4 ekor musang telah divaksinasi rabies di wilayah kerja Puskeswan Pembantu Labuan.

Sementara, kata dia, untuk Puskeswan Pembantu Menes telah melaksanakan vaksinasi rabies pada 66 anjing dan 14 monyet milik warga setempat, selama bulan September 2023

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang setiap tahun yang dilakukan oleh Petugas Puskeswan,” ujarnya.(Iman)