Pengembangan Villa Permata Cibodas Tidak Gusur Makam

oleh

Kota Tangerang – Isu rencana pemindahan makam keramat Ki Buyut Jenggot dikampung Sukasari Panunggangan Barat Cibodas kota Tangerang oleh pihak pengembang itu tidak benar dan menurut adalah berita Hoax.

 Pengembangan kawasan perumahan Permata Cibodas sempat menuai polemik lantaran disebut-sebut akan  menggusur atau menggunakan lahan makam. Berita tersebut adalah hoax dan tidak benar. 

 Menurut perwakilan pengembang, Lahan yang disebut bukanlah makam namun Petilasan di Panunggangan Barat, Cibodas, Tangerang Banten.

Baca Juga  Gantikan Cak Ipul, Bahrul Ulum Jabat Koorpres MW KAHMI Banten

Fakta tersebut dibenarkan oleh tokoh Masyarakat Panunggangan,katanya.

 Nata Kasim (57) selaku warga kampung Sukasari Panunggangan menegaskan, dirinya merasa terkejut sekarang beredar kabar bahwa di wilayahnya ada polemik terkait makam Syekh Buyut Jenggot.

“Padahal dari kecil sampai sekarang tidak pernah tahu adanya makam tersebut apalagi orang tua saya meyakini tidak ada makam keramat,” tuturnya.

Baca Juga  Lapas Cikarang Tandatangani Komitmen Bersama ZI WBBM, Pakta Integritas dan Pencanangan Tahun Prestasi 2024

Sedangkan pengelola Villa Permata Cibodas saat dikonfirmasi apakah akan menggusur makam yang berada di area tersebut, menegaskan hal itu sama sekali tidak benar. Mengingat sampai saat ini, masyarakat Panunggangan sendiri tidak pernah tahu kalau itu adalah makam.

Yang diketahui masyarakat,  tempat yang disebut sebagai makam keramat itu adalah petilasan  tokoh yang dikenal sebagai Mbah Jenggot. Kawasan petilasan tersebut banyak digunakan oleh pihak-pihak tertentu dari luar Panunggangan untuk melakukan ritual atau kegiatan tertentu.

Baca Juga  STQH 2023 Jambi, Pj Sekda Virgojanti: Kafilah Provinsi Banten Siap Berikan Yang Terbaik

Pengembang telah melakukan koordinasi dan klarifikasi,Menurut beberapa tokoh di Panunggangan,  tempat itu hanya petilasan dan masyarakat Panunggangan pun tidak pernah tahu jika lokasi tersebut adalah makam.(*)