Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan Bhumandala Award 2021

oleh

Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) menjadi satu dari 10 daerah yang terpilih menerima penghargaan dari Badan Informasi Geospasial.

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai berhasil mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan Informasi Geospasial untuk kepentingan daerah maupun masyarakat luas.

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan serta dan Jakarta Satu meraih penghargaan Simpul Jaringan Geospasial Terbaik dalam ajang tersebut.

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) DKI Jakarta, Heru Hermawanto mengatakan, terobosan yang ditempuh Pemprov DKI berbasis Informasi Geospasial di antaranya mengubah Informasi Rencana Kota (IRK) yang awalnya secara manual kini melalui digital. IRK secara digital mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi tentang rencana tata kota dalam waktu singkat secara mandiri.

Baca Juga  Pabrik Pengelolaan Sampah BBJP Plant Pertama di Indonesia Diresmikan di Cilegon

“Sebelumnya, untuk memperoleh IRK dibutuhkan waktu paling cepat dua minggu,” ujarnya, Sabtu (30/10).

Ia menambahkan, dengan adanya IRK secara digital masyarakat bisa melihat dan mendapatkan informasi secara sah. Apalagi, Dinas CKTRP sudah melakukan kolaborasi dan integrasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Semua peta ukur yang ada di BPN bisa langsung keluar informasi rencana kota dengan akurat dan tepat. Sangat cepat dan mudah,” terangnya, dilansir beritajakarta.id.

Menurutnya, kehadiran Jakarta Satu saat ini membuat Pemprov DKI Jakarta dapat mengintegrasikan semua data spasial masing-masing satuan unit organisasi perangkat daerah (OPD). Sehingga, tidak ditemukan lagi perbedaan-perbedaan koordinat data spasial di masing-masing instansi ataupun kesalahan interpretasi pada data spasial objek bangunan.

Baca Juga  Sistem One Way Daan Mogot, Dishub Kota Tangerang Lakukan Pemaksimalan

“Pemanfaatan informasi geospasial, benar-benar dirasakan efisiensinya oleh Pemprov DKI. Termasuk, memetakan wilayah yang memerlukan bantuan selama pandemi COVID-19. Zonasi untuk bantuan COVID-19 juga kita lakukan secara digital,” tandasnya.

Untuk diketahui, ajang penghargaan Bhumandala Award 2021 diselenggarakan dengan tujuan untuk memotivasi, menginspirasi, memperkuat dan meningkatkan semangat dalam membangun elemen-elemen simpul jaringannya agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang aktif dan operasional.

Baca Juga  Dewan Da'wah Kabupaten Bekasi Gelar Rakerda di Bogor

Sesuai Peraturan Presiden Nomor  27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN), pelaksana JIGN adalah Simpul Jaringan pemerintah baik di Kementerian, Lembaga, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Pemerintahan Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Untuk itu, penghargaan Bhumandala Award ini dapat membangun dan mewujudkan simpul-simpul jaringan atas terselenggaranya informasi geospasial masing-masing daerah ke dalam Jaringan Informasi Geospasial Nasional.

Selain Jakarta, Bhumandala Award 2021 juga diberikan kepada Pemprov Jawa Barat, Pemkot Banjarmasin, Pemprov Kalimantan Selatan, Pemkot Bontang, Pemprov Sumatera Selatan, Pemkot Surakarta, Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemkot Manado dan Pemkab Sragen. (*/cr1)