Jelang Tahun Baru, hampir 2 juta kendaraan melintas di Ruas Tol Tangerang-Merak

oleh

fajarbanten.co.id – Astra Tol Tangerang-Merak mencatat pada periode 18 – 29 Desember 2023 atau periode menjelang Tahun baru 2024, sebanyak 1.989.168 kendaraan melintas di ruas jalan tol Tangerang – Merak mulai KM 26 (Bitung) – KM 98,45 (Merak).

Uswatun Hasanah Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak menyebutkan lalu lintas harian rata-rata (LHR) selama periode tersebut sekitar 168 ribu kendaraan melintas, “LHR selama periode tersebut lebih tinggi sekitar 2% dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022, atau naik sekitar 5% terhadap LHR normal,” jelasnya.

Disampaikan juga bahwa arus lalu lintas di ruas tol Tangerang Merak yang masuk (entrance) lewat Gerbang Tol (GT) Cikupa sampai dengan tgl 29 Desember 2023 kemarin tercatat 635.448, sebaliknya kendaraan keluar menuju Jakarta melalui GT Cikupa sekitar 600,020 kendaraan.

Baca Juga  Bandingkan Bank Syariah Indonesia-Malaysia, Hakam Naja Raih Doktor di FEB Unpad

Arus lalu lintas yang memasuki Ruas Tol Tangerang – Merak, pada 2 hari terakhir masih didominasi kendaraan menuju ke arah Cilegon Timur dan Merak, yang merupakan lalu lintas yang menuju lokasi wisata Anyer dan sekitarnya, serta menuju Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Astra Infra Toll road Tangerang-Merak juga mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas selama periode libur Nataru ini lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2022 terdapat 44 kejadian sedangkan tahun ini turun menjadi 16 kejadian.

Baca Juga  Pj Gubernur Al Muktabar Lepas Kafilah Provinsi Banten Pada STQHN 2023 Jambi

“Pada tahun 2023 ini upaya kami dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, diantaranya dengan sudah ditambahkannya rambu dan marka keselamatan seperti speed reducer, warning lamp dan rambu-rambu lainnya di beberapa titik kritis, atau titik lelah,” jelas Uswatun.

Uswatun juga menambahkan dalam upaya mempercepat penanganan kecelakaan lalu lintas dan atau gangguan di jalan tol, pihaknya menempatkan 2 titik ambulan siaga dan nomor call center 24 jam yang siap membantu pengguna jalan di nomor 0254-207878 dan nomor bebas pulsa 08001777879.

“Partisipasi pengguna jalan juga sangat penting dalam rangka menekan kecelakaan lalu lintas di jalan Tol, khususnya pada periode liburan Nataru ini pastikan kondisi kendaraan dan fisik pengemudi prima untuk berkendara jarak jauh, istirahat 30 menit setiap berkendara 4 jam,” Uswatun menekankan. Terdapat 4 titik rest area di ruas Jalan Tol Tangerang-Merak yaitu di KM 43 dan 68 arah Merak dan KM 45 dan KM 68 arah Jakarta.

Baca Juga  DPC Gerindra Kota Tangerang Gelar Konsolidasi Pemenangan Prabowo

Astra Infra melalui kampanye NATARU CERIA, juga mengimbau kepada pengguna jalan, untuk kenyamanan perjalanan liburan, pengguna jalan diminta untuk menghindari arus balik puncak liburan Tahun Baru yang diprediksi pada tanggal 2 Januari 2024. Serta untuk kelancaran transaksi di Gerbang tol pastikan saldo E Toll mencukupi. (*/yogi)