INILAH 20 FINALIS LOMBA PRESENTER TINGKAT NASIONAL MEMPERINGATI HUT KE-86 LKBN ANTARA

oleh

Kota Bogor, 4 Desember 2023 – Dewan Juri Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara telah memilih dan menetapkan 20 Finalis dari 196 Peserta Lomba dari kalangan mahasiswa dan pelajar serta umum berusia 17-27 tahun. Para finalis akan bersaing merebut juara yang disediakan sebanyak tujuh kategori pada final lomba, yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia secara nasional ini, pada Sabtu 9 Desember 2023 di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor.

 

Pengumuman 20 Finalis Lomba, yang terselenggara atas kerja sama Perum LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta dan Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor ini, telah disampaikan kepada peserta, pada Rabu 4 Desember 2023.

Lomba yang didukung oleh PT Jamkrindo, PT Mitra Natura Raya (MNR) Kebun Raya Bogor, dan sejumlah pihak ini, menghadirkan Dewan Juri yang terdiri atas tiga praktisi media, yakni Saldy N Soerianata (CEO Popers.id yang pernah menjadi Produser Senior Seputar Indonesia di RCTI), Nurul Aulia Badar (Redaktur LKBN Antara), dan Putri Aulia Faradina (PR PT Visinema Pictures yang pernah bekerja untuk Kompas TV).

“Alhamdulillah entusiasme peserta untuk memberikan yang terbaik dalam keikutsertaan pada lomba presenter ini sangat baik. Topik yang mereka bawakan dalam video yang mereka kirimkan juga sangat aktual dan menarik,” kata Saldy yang pernah dikenal juga sebagai salah seorang “Bang Napi” pada salah satu program di RCTI.

Baca Juga  Buntut Pelayanan Buruk, DPRD Pandeglang Desak Kapus Menes Dievaluasi

Begitu pula yang disampaikan oleh Nurul Aulia Badar, yang sempat tidak menyangka bahwa para pelajar dan mahasiswa sangat meminati bidang presenter atau penyaji berita. “Saya bangga pada pelajar dan mahasiswa,” katanya.

Sedangkan Putri Aulia Faradina menyampaikan bahwa selisih angka penilaian atas video karya peserta antara satu dan yang lainnya, tipis, sehingga juri harus benar-benar mencermati semua unsur yang dinilai, seperti penampilan, artikulasi, intonasi, tempo, dan penguasaan materi. Termasuk juga jumlah viewers yang menjadi salah satu pertimbangan saat video mereka ditayangkan di berbagai media sosial Antara Megapolitan.

“Pada babak final, 20 finalis akan menyampaikan penyajian berita, secara langsung di hadapan Dewan Juri, dan ditonton oleh audiences, sehingga mereka harus mempersiapkan diri lebih baik lagi agar tidak gugup. Dengan pembekalan melalui workshop yang telah kami berikan pada 20 November lalu, bisa memantapkan mereka untuk tampil baik,” kata Saldy yang juga presenter senior di dunia pertelevisian nasional.

Baca Juga  Baru Buka Tiga Bulan, Gerai Pelayanan Publik Sudah Layani 15 Ribu Masyarakat

Ke-20 Finalis Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 LKBN Antara merupakan mahasiswa dan pelajar dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah di berbagai daerah, yakni dari DKI Jakarta tiga orang, dari Jawa Barat 11 orang, dari DI Yogyakarta satu orang, dari Jawa Timur tiga orang, dari Bali satu orang, dan dari Sulawesi Tenggara satu orang.

Nah, inilah 20 Finalis Lomba Presenter Tingkat Nasional Memperingati HUT ke-86 LKBN Antara yang disusun berdasarkan abjad:

1. Achi Wilfa Inayah, Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

(UIN KHAS) Jember, Jawa Timur;

2. Amira Dinda Azzahra, Mahasiswa Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur;

3. Erika Febriarti, Pelajar SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi, Bogor, Jawa Barat;

4. Ernawati, Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Tazkia, Sentul, Bogor, Jawa Barat;

5. Faizal Fajar, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta;

6. Firly Putri Rifansyah, Mahasiswa Universitas Pancasila, Jakarta;

7. Herda Putri Winangrum, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM),

Bandung, Jawa Barat;

8. Kamelia Fazar Rosaeni, Mahasiswa Universitas Pasundan (Unpas), Bandung, Jawa

Barat;

9. Krisna Livia, Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Haji Agus Salim,

Baca Juga  Muzani: Kenaikan Gaji PNS Bukti Adanya Gairah Kebangkitan Ekonomi Pasca Covid-19

Cikarang, Bekasi, Jawa Barat;

10. Nelce Naomi Athabu, Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta;

11. Nova Fitri Permatasari, Mahasiswa Universitas Udayana, Bali.

12. Nur Fadillah, Mahasiswa Universitas Halu Oleo, Kendari, Sulaewesi Tenggara;

13. Salwa Nadhira, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor;

14. Sarah Wulandari, Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor;

15. Sinta Dwi Maghfiroh, Mahasiswa Universitas PGRI, Jombang, Jawa Timur.

16. Tariza Sudadih, Mahasiswa IAI Nasional Laa Roiba, Bogor, Jawa Barat;

17. Tasya Camelia, Pelajar SMAN 1 Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat;

18. Topaz Filardi Grasinaz, Mahasiswa UGM Yogyakarta;

19. Triani Lestari, Mahasiswa Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat;

20. Zakia Arifin, Pelajar SMKN 2 Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Kepala Perum LKBN Antara Biro Penyangga Jakarta Budi Setiawanto berterima kasih atas partisipasi Peserta Lomba dan berharap bermunculan generasi baru human presenter terbaik, di tengah disrupsi teknologi informasi yang telah memunculkan presenter dari tekenologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Budi juga menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung penyelenggaraan lomba ini.*