Imigrasi Serang Gelar Rapat Timpora Guna Perkuat Pengawasan Orang Asing

oleh

fajarbanten.co.id- Kantor Imigrasi Kelas 1 Non TPI Serang menggelar Rapat koordinasi Tim Pora Kota Serang. Di salah satu hotel kota Serang, Kamis 24 Agustus 2023.

Kegiatan Timpora ini dengan tujuan untuk mengawasi orang asing yang ada di wilayah Kota Serang.

Kepala Sub Bidang Intelijen Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Banten, Arfa Yudha Indriawan mengatakan, bahwa kegiatan hari ini adalah rapat koordinasi tim pengawasan orang asing di Kota Serang.

Baca Juga  Ketua Fraksi Gerindra: Kebijakan Zonasi PPDB Perlu Disempurnakan

Adapun untuk tim pengawasan orang asing Kota Serang ini wilayah hukumnya di kantor imigrasi klas I Kota Serang

“Jadi tujuannya melakukan koordinasi terkait pengawasan orang asing. Jadi imigrasi sebagai leading sektor pengawasan orang asing. Leading sektor itu termasuk adalah berkoordinasi dengan instansi lain dalam pengawasan pelaksanaan orang asing,” ungkapnya.

Arfa menjelaskan, orang asing yang berada di Indonesia ini bukan hanya imigrasi saja yang mengawasinya, akan tetapi tugas dan wewenang dari instansi yang lainnya, sehingga dikoordinasikan dalam Timpora.

Baca Juga  Pemkot Tangerang Gelar Webinar Parenting Bentuk Pondasi Pribadi Anak Masa Depan

“Dalam koordinasi ini terkait dengan pelaksanaan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing. Keberadaannya seperti apa, dan dokumen, sebagainya dan kegiatan yang dilakukan apakah sudah sesuai atau melanggar aturan,” paparnya.

Dengan adanya rapat koordinasi Timpora ini diharapkan dengan pengawasan orang asing lebih efektif. Karena imigrasi sebagai leading sektor, harus menggerakkan seluruh aspek untuk mengawasi orang asing.(*)