Gantikan Imduddin, Ameriza M. Moesa Resmi Jabat Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten

oleh

Fajarabanten.co.id – Ameriza M. Moesa resmi dikukuhkan menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, menggantikan Imaduddin Sahabat yang menjabat pada periode Februari 2022 hingga Januari 2024 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Banten, Senin (19/2/2024).

Ameriza M. Moesa sebelumnya menjabat Kepala Grup Departemen Pengelolaan Uang sedangkan Imaduddin Sahabat selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Luar Negeri Tokyo.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Sekretaris Daerah, Virgojanti, Pj Walikota Serang, Yedi Rahmat, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, Komandan Resor Militer 064/ Maulan Yusuf, Brigadir Jenderal TNI Fierman Sjafiral Agustus, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Banten, Didik Farkhan Alisyahdi, tokoh Masyarakat Banten, KH. Embay Mulya Syarie, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten, Brigjen. Pol. Drs. Rohmad Nursahid, Komandan Pangkalan TNI AL Banten, Kolonel Laut (P) Arif Rahman, Kepala OJK Jabodetabek dan Banten, Roberto Akyuwen, Kepala BPK Banten, Dede Sukarjo, Kakanwil Dirjen Kekayaan Negara, Djanurindo Wibowo, serta unsur perbankan, akademisi, ISEI, MUI, dan lembaga vertikal lainnya.

Baca Juga  Gantikan Cak Ipul, Bahrul Ulum Jabat Koorpres MW KAHMI Banten

Dalam sambutannya, Deputi Gubernur Filianingsih Hendarta menyampaikan bahwa Bank Indonesia akan terus siap menjadi mitra Pemerintah Daerah untuk bisa menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan melalui 5 peran penting yang mencakup: Pengendalian Inflasi, Pengembangan ekonomi daerah, Akselerasi ekonomi dan keuangan, Penyediaan uang Rupiah berkualitas, dan Penyiapan suksesi kepemimpinan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih menyampaikan pula bahwa ekonomi dan keuangan digital di wilayah Banten menunjukkan perkembangan yang sangat pesat terefleksi dari jumlah merchant QRIS sebanyak 1,75 Juta yang merupakan peringkat ke-5 secara Nasional dan pencapaian elektronifikasi Pemerintah Daerah yang seluruhnya telah mencapai tahap digital pada Semester II-2023.

Baca Juga  Kadis Pariwisata Bali dan Founder Digital Hospital Resmikan Bali Destinasi Wisata Kesehatan Dunia

Diyakini bahwa berbagai capaian yang dilakukan atas kolaborasi Bank Indonesia dengan Pemerintah Daerah jika dikelola dengan baik akan menciptakan peluang untuk menumbuhkan optimisme dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah Banten.

Pj Sekretaris Daerah Banten, Virgojanti dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Imaduddin Sahabat atas fasilitasi dan dukungan untuk pembangunan ekonomi Banten dan ucapan selamat kepada Ameriza M. Moesa yang menjadi Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten.

Baca Juga  Lapas Cikarang Berikan Pelatihan Keterampilan Sablon

Lebih lanjut, Pj Sekda mengapresiasi Bank Indonesia sebagai mitra strategis yang telah berkontribusi positif menjadi strategic advisor Pemerintah Daerah dalam merumuskan kebijakan ekonomi daerah. Bank Indonesia secara proaktif mendukung Pemerintah Daerah dalam pengembangan ekonomi dan sektor riil baik melalui pengendalian inflasi, percepatan digitalisasi, mendorong ekonomi syariah, maupun dalam kaitannya mendorong keuangan inklusif. Harapannya kerjasama ini akan terus berlanjut dan meluas untuk turut mengatasi berbagai tantangan ekonomi Banten ke depan, sehingga kesejahteraan masyarakat Banten dapat tercapai. (*/yogi)