DPMPD Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Peran lembaga kemasyarakatan Desa dan Kelurahan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh sebab itu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, mengadakan kegiatan sosialisasi Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan bagi Rt dan Rw, dalam rangka Meningkatkan Angka Partisipasi Murni dan Tingkat Penyelesaian Sekolah pada Jenjang Pendidikan Dasar di kantor Kecamatan Saketi, Jumat 25 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh 356 peserta dan dihadiri pula tokoh masyarakat Saketi Taufik Hidayat, Kepala Disdikpora Pandeglang Hasan Bisri, Ketua MUI Kecamatan Saketi, Ketua PGRI Kecamatan Saketi, Kapolsek Saketi, Danramil Saketi Serta Kepala Desa se-kecamatan saketi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Bunbun Buntaran mengatakan, peran Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sangat penting dalam membantu Pemerintah Daerah, karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Peningkatan kapasitas ini membuat Rt Rw memahami dan memiliki kemampuan untuk peningkatan kualitas pendidikan warganya,”katanya.

Menurutnya, peran Rt dan Rw sangat mendorong untuk meningkatkan dunia pendidikan di kabupaten Pandeglang, khususnya di Kecamatan Saketi.

Baca Juga  Klarifikasi TNI AD Atas Penahanan Brigjen TNI JT

“Yang terjadi di lapangan pada usia sekolah sudah kerja, saya harap dorong sama Rt Rw agar warganya semua tidak putus sekolah karena sudah gratis,”ucapnya.

Bunbun menyakini, dengan adanya peran Rt dan RW sangat mengedukasi warganya untuk lebih semangat sekolah, agar IPM di Kabupaten Pandeglang bisa meningkat.
” ini tujuannya kita kumpulkan Rt Rw untuk membantu pemerintah di bidang pendidikan, agar ke depan tidak ada lagi anak usia dini putus sekolah,”pungkasnya.

Baca Juga  Rutan Pandeglang Lakukan Deteksi Dini Sambut Natal dan Tahun Baru

Lanjut Bunbun, tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Dalam rangka meningkatkan angka partisipasi murni dan tingkat penyelesaian sekolah pada jenjang pendidikan dasar”. “Kami harap para Rt/Rw bisa mengedukasi warganya tentang pentingnya pendidikan dasar, dengan begitu angka lama sekolah akan meningkat,” tambahnya. (Asep)