Dihadapan Puluhan Mahasiswa Tangerang Zulpikar Paparkan Sejarah Kepemiluan

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Selasa 12 Desember 2023, bertempat di Hotel Istana Nelayan Jati Uwung Tangerang, Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang mengadakan acara penguatan karakter dan sejarah kebangsaan untuk suksesnya pemilu 2024.

Acara dibuka oleh Fery Zulfian SH.MH Kasubid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang.

Kegiatan diikuti oleh para mahasiswa dari perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tangerang berjumlah 50 orang. Dengan menghadirkan narasumber yaitu Polpum Kemendagri dengan judul ” Momentum pemilu serentak sebagai sarana pembinaan ketahanan ideologi dan wawasan kebangsaan “. Pemateri Ke dua Zulpikar Selaku Akademisi dengan judul ” Sejarah kepemiluan perwujudan pengamalan Pancasila “. Pemateri Ke Tiga Ketua FKUB dengan judul ” Kerukunan umat beragama sebagai pengamalan Sila Pancasila “. Pemateri Ke Empat disampaikan oleh Aktivis Sosial Kabupaten Tangerang dengan judul ” Pancasila sebagai filosofi dan pandangan hidup bangsa “.

Baca Juga  PPI Gelar Silaturahmi Bersama Ketua Umum PUB Taufiequrachman Ruki

Zulpikar yang juga pegiat Kepemiluan dan Demokrasi pada salah satu pemaparannya menjelaskan, salah satu tujuan utama Pemilu pada Zaman Orde Lama (Pemilu Tahun 1955) yang ditegaskan melalui Pidato Presiden Soekarno pada 17 Agustus 1954, adalah untuk memilih anggota DPR dan anggota Konstituante untuk menyusun UUD yang tetap, mengingat saat itu kita menggunakan UUD Sementara. Lamu pada Pemilu pertama Zaman Orde Baru yaitu Pemilu pertama nya di Tahun 1971 Rezim saat itu memikirkan bagaimana membangun kekuatan politik untuk menguatkan kaki tangan dan fondasi kekuatan Orde Baru. Lalu di Pemilu Pasca Reformasi yang menjadi ciri nya adalah wabil khusus di Pemilu 2004 sudah adanya Penyelenggara Pemilu yang terlepas dari belenggu kekuasaan dalam menjalankan tugas nya sebagai penyelenggara Pemilu.